Mau Konser Coldplay Tapi Susah Cuti Di Hari Kerja? Ini Alternatifnya!
Tempat Kerja | 19 May 2023 | By Dreamtalent Blog Writer
Mau Konser Coldplay Tapi Susah Cuti Di Hari Kerja? Ini Alternatifnya!

Summary: Pasti banyak dari kamu yang ingin nonton konser Coldplay walaupun berlangsung di hari kerja. Jika kamu susah untuk ambil cuti, masih ada alternatif lain kok untuk menghadirinya.
Expectation: Setelah membaca artikel ini, kamu bisa mendapatkan tips dan alternatif untuk menonton konser Coldplay di hari kerja. 



Merasa jenuh dan burnout karena dihadapkan dengan rutinitas kantor sehari-hari pasti pernah kamu alami sebagai karyawan. Tentunya kamu ingin healing agar performa otak dan pikiran kamu bisa tetap stabil.  Beberapa di antaranya tentu saja dengan menonton konser band yang kamu idolakan!

 

“Mau nonton konser coldplay deh! Tapi konsernya hari kerja.”

 

Jangan khawatir, Dreamers! Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa tetap datang menghadiri konser yang ingin kamu tonton meskipun berlangsung di hari kerja, apalagi jika kamu sudah memiliki tiketnya. 

 

Ambil Cuti untuk Nonton Konser

 

Gambar orang yang sedang berada di venue konser, menggambarkan bagaimana karyawan ingin mengambil cuti di hari kerja karena ingin menikmati konser Coldplay

 

Mengambil cuti pasti menjadi cara yang pertama kamu pikirkan saat kamu ingin menonton konser Coldplay di hari kerja. Namun sebelum itu, kamu harus mengetahui dulu ketentuan cuti karyawan di perusahaan kamu.  

 

Undang Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 Pasal 79 ayat 3  mengatakan bahwa, cuti tahunan wajib diberikan kepada karyawan atau pekerja paling sedikit 12 hari kerja setelah karyawan tersebut bekerja selama 12 bulan secara terus-menerus

 

Pastikan juga bahwa kamu memang sudah menjadi karyawan yang bisa mengambil cuti, karena beberapa perusahaan belum mengizinkan karyawan baru untuk mengambil cuti. Umumnya, karyawan boleh mengajukan cuti selama beberapa hari jika sudah bekerja selama setahun, namun ketentuan ini juga berbeda berdasarkan perusahaannya.  

 

Untuk itu, kamu bisa mengikuti beberapa tips saat akan mengajukan cuti untuk menikmati konser Coldplay yang telah kamu tunggu-tunggu!

Cek Jatah Cuti

Setelah mengetahui ketentuannya, kamu juga harus pastikan juga jatah cuti kamu di perusahaan. Apakah kamu masih memiliki waktu cuti? Atau jangan-jangan kamu tidak sadar telah menghabisinya.

Rencanakan Jauh-Jauh Hari

Untuk menonton konser seperti Konser Coldplay, kamu pastinya sudah memiliki tanggal yang kamu inginkan untuk mengambil cuti. Karena itu, kamu bisa mengajukannya dari jauh-jauh hari agar tidak terkesan mendadak nantinya. 

Pastikan Kamu Tidak Memaksakan Tanggal!

Tanggal sudah ada, izin sudah ada, namun kamu juga harus memperhatikan beban kerja kamu di tanggal yang akan kamu ajukan. Kamu bisa melihat kalender kerja dan memastikan apakah akan ada event, deadline, atau proyek yang besar di waktu kamu mengambil cuti. 

 

Untuk menghindarinya, kamu bisa mulai mencicil pekerjaan agar kamu tidak akan diganggu saat kamu cuti untuk menonton konser Coldplay nantinya. Hal ini juga agar kamu tidak membebani semua pekerjaan kamu nantinya ke rekan kerja kamu.



Coba Alternatif Lain!

Meskipun dengan beberapa tips di atas, bisa saja ada beberapa alasan yang membuat kamu tidak bisa mengajukan cuti di hari kamu akan menonton konser Coldplay nantinya. Namun jangan khawatir! Masih ada beberapa alternatif lain kok selain mengambil cuti. 

Izin Bekerja Setengah Hari 

 

Izin bekerja setengah hari merupakan salah satu alternatif karyawan yang ingin cuti di hari kerja untuk nonton konser Coldplay

 

Jika kamu merasa kamu tidak perlu cuti dan tidak ingin benar-benar meninggalkan pekerjaan kamu begitu saja, kamu bisa mencoba alternatif untuk bekerja setengah hari. Dengan begitu, kamu pun tidak harus meninggalkan pekerjaan kamu sepenuhnya dan membebani rekan kerja kamu. 

Bekerja di Dekat Venue Konser

 

Work From Cafe atau Work From Anywhere merupakan alternatif bagi karyawan WFH yang tidak perlu cuti di hari kerja agar lebih dekat dengan venue saat konser Coldplay nanti

 

Jika kamu WFH, maka kamu pasti akan merasa santai dan bisa dengan mudah pergi ke tempat konser Coldplay akan berlangsung nantinya. Tapi, hati hati loh! Karena santai, bisa saja kamu malah tidak memperhatikan waktu. 

“Untung WFH! Jadi bisa santai saja ke venue konser nantinya~”

Karena itu, alternatif untuk kamu yang akan menonton konser Coldplay dan kamu WFH, kamu bisa sedari awal bekerja di tempat yang memungkinkan dan dekat dengan venue konser kamu nanti. Dengan begitu, setelah pekerjaan kamu untuk hari itu selesai, kamu bisa segera bersiap konser deh!

Sudahkah Kamu Berada di Tempat yang Tepat?

Cuti dan izin tentunya bukan berlaku jika kamu ingin nonton konser saja kok. Pastinya kamu akan membutuhkan cuti atau izin dari kantor suatu saat nanti dan tentu saja hal-hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari hak kamu sebagai karyawan.

Jika kantor kamu tidak mengizinkan cuti karena alasan yang tidak jelas, bisa jadi kamu justru berada di kantor yang tidak sesuai dengan kepribadian kamu dan cenderung toxic. Namun, kamu bisa kok mencari tahu dan mengenali budaya kerja seperti apa yang cocok dengan kepribadian kamu dengan tes psikologi seperti yang ada pada Dreamtalent

 

Setelah mengenal kepribadian kamu lebih dalam lagi, kamu bisa menjadikan itu modal untuk kamu lebih tepat dalam memilih pekerjaan dan perusahaan yang lebih sesuai untuk kamu ke depannya.