Screening Case Study

Mudahnya Memproses 5,000 Kandidat Per Bulan Dengan 90% Akurasi

Bagaimana PT Shimano Batam mentransformasi rekrutmen dan meningkatkan drastis kapasitas kandidat dan kualitas hire.

Sebelum

Kapasitas
0.14
kandidat / hari
Time To Hire
8
hari
Probation
20%
lolos

Sesudah

Kapasitas
120
kandidat / hari
Time To Hire
1
hari
Probation
80%
lolos

Tentang Shimano

PT Shimano Batam berdiri sejak 1991 dengan kantor pusat (Shimano, Inc.) di Osaka, Jepang. Shimano adalah pemimpin global dalam industri manufaktur komponen sepeda, perlengkapan pancing, dan peralatan dayung.

PT Shimano Batam mengoperasikan 2 pabrik di Batam, Indonesia, masing-masing memproduksi komponen sepeda dan alat pancing. Shimano memiliki visi untuk mempromosikan budaya bersepeda dan memancing yang baru dengan menawarkan “Produk Menawan” (Captivating Products) bagi konsumen.

Untuk mencapai visi ini, Shimano bertujuan mentransformasi proses rekrutmen dan asesmen untuk posisi Operator di kedua pabrik tersebut dan meningkatkan kualitas hire.

Tantangan

Dulu meja saya penuh dengan
surat lamaran menumpuk.

Bagi Shimano, melayani pasar Asia Tenggara menuntut volume tenaga kerja yang besar. Di samping itu, fokus pada produk berkualitas membutuhkan operator, engineer, dan production specialist yang juga berkualitas.

Tanggung jawab untuk merekrut high quality talent dengan cepat dan dalam jumlah besar jatuh pada Pak Hendy Hadiyanto, Human Resources Development Specialist, dan tim. Ini terbukti menjadi tantangan bagi proses rekrutmen Shimano pada saat itu.

Pak Hadiyanto menjelaskan tentang surat lamaran yang bertumpuk tinggi di mejanya setiap minggu. Inbox-nya begitu penuh dengan lamaran sehingga tidak ada kapasitas untuk menerima email baru. Kurangnya organisasi di tahap sourcing menimbulkan banyak masalah bagi tim: lamaran hilang di antara tumpukan, kandidat tidak sengaja dihubungi dua atau tiga kali.

Sebelumnya butuh hingga 7 hari untuk memproses hanya 1 kandidat: menunggu lamaran dikirim via pos, mengetik manual di Excel, menelepon kandidat, cross-check jadwal, booking ruangan untuk tes, dll.

Tes tersebut pun hanya sebatas TPA (Tes Potensi Akademik) dan matematika dasar, yang kami temukan berdasarkan penelitian memiliki korelasi buruk dengan performa nyata dalam kerja.

Cakupan yang terbatas dalam metode sourcing ini berarti tim rekrutmen Shimano hanya dapat menjangkau sekitar 1.000 calon kandidat dari area sekitar; jauh terlalu terlokalisasi dan kurang dalam variasi.

Solusi

Setelah mengidentifikasi tantangan di atas, Shimano bekerja sama dengan Dreamtalent untuk merevolusi proses rekrutmen dan asesmen dengan solusi yang paling tepat untuk kebutuhan yang ada.

Screening pipeline memperpendek dan menyederhanakan seluruh proses rekrutmen untuk Shimano, dari tumpukan lamaran menjadi beberapa klik online:

1
Shimano membagikan link atau QR code pada kandidat
2
Kandidat mengerjakan psikotes screening online dan upload CV
3
The team looks at the candidates on top of the list with the highest Fit Score
4
Tim menjadwalkan interview dan Dreamtalent mengirim email otomatis ke kandidat
5
Hire
Fit Score menggambarkan seberapa sesuainya kandidat dengan persyaratan pekerjaan dan budaya perusahaan Shimano, berdasarkan kepribadian, drive, inteligensi, dan lainnya.
screening image

Candidate Screening

Lihat Selengkapnya

Put the right people in the
right place today.