Langsung WFO Pasca Libur Lebaran? Ini Tips Agar Tidak Mudah Burnout!
Tempat Kerja | 04 May 2023 | By Dreamtalent Blog Writer
Langsung WFO Pasca Libur Lebaran? Ini Tips Agar Tidak Mudah Burnout!

 

Summary: Pasti sulit untuk beradaptasi kembali bekerja ke kantor pasca libur lebaran. Karena itu, kamu perlu beberapa tips yang bisa membuat kamu tidak mudah burnout saat kembali WFO.

 

Expectation: Setelah membaca artikel ini,  kamu akan mengetahui beberapa tips untuk memudahkan beradaptasi bekerja WFO pasca libur lebaran agar tidak langsung jenuh dan burnout.



Pasca libur lebaran, tentunya kamu akan membutuhkan waktu lagi untuk beradaptasi saat kembali bekerja. Apalagi saat kamu harus kembali bekerja ke kantor alias WFO. 

 

Sudah beberapa waktu berlalu sejak pandemi melanda Indonesia, yang mengharuskan kantor-kantor menerapkan Work From Home ataupun Hybrid Work. Tentu saja ada juga kantor yang menerapkan kembali sistem Work from Office atau WFO ke perusahaannya setelah pasca libur lebaran ini.

 

Kenapa Sih Harus WFO?

 

ini adalah gambar sekelompok orang bekerja yang menggabarkan kegiatan WFO di kantor bersama pasca libur lebaran untuk menghindari burnout

 

Kamu pasti merasa jenuh dan jengkel saat diharuskan beradaptasi ke sistem kerja yang baru lagi, lagi, dan lagi. Apalagi kamu baru saja menikmati liburan yang cukup panjang saat libur lebaran kemarin. Namun, kamu sebagai karyawan juga harus memahami kenapa perusahaan kamu memutuskan untuk mengembalikan sistem WFO, yang bisa juga memberikan keuntungan untuk kamu dan juga perusahaan kamu bekerja. 

 

  • Lebih mudah berinteraksi dan berkomunikasi antar karyawan dan juga antar divisi. 

  • Jam kerja yang lebih efektif.

  • Lebih terstrukturnya lingkungan kerja.

  • Koneksi sosial yang lebih baik.

  • Mengurangi kemungkinan stress dan kesalahpahaman. 

 

Ini Tips Agar Tidak Mudah Burnout saat Kembali WFO!

 

ini adalah gambar seseorang yang lelah yang menggambarkan karyawan yang burnout saat langsung WFO pasca libur lebaran yang panjang

 

Pasti tidak mudah bagi sebagian orang untuk langsung kembali WFO saat sudah terbiasa bekerja di rumah. Perubahan mentalitas dan juga emosional secara tiba-tiba pasca libur lebaran yang nantinya bisa mengakibatkan burnout pada otak dan pikiran kamu.

 

Namun jangan khawatir, Dreamers! WFO gak seburuk itu kok! Kamu bisa menghindari mengalami burnout dengan melakukan beberapa hal ini!

  1. Membuat To Do List

Buatlah daftar tugas atau to-do list yang spesifik untuk hari kerja. Hal ini bisa membantu kamu dalam mengatur kembali waktu kamu untuk bekerja, dari melakukan pekerjaan yang bisa kamu langsung selesaikan hingga pekerjaan yang bisa kamu selesaikan nanti.

  1. Perhatikan Kondisi Fisik

Kondisi fisik kamu adalah aset utama kamu dalam bekerja! Terutama saat WFO, kamu akan kembali bepergian melewati lalu lintas untuk sampai menuju kantormu. Maka dari itu, kamu harus lebih memperhatikan dan menjaga kondisi fisik kamu. Mulailah rutin berolahraga singkat, tidur lebih awal, dan jangan sampai lupa makan.

  1. Rapikan Meja Kerja

Lingkungan kerja yang nyaman dan rapi juga bisa menjadi salah satu faktor yang meningkatkan produktivitas diri kamu. Dengan menata dan merapikan meja kerja di kantor kamu, kamu pun sudah menciptakan ruang kerja yang nyaman untuk dirimu sendiri meskipun harus WFO pasca libur lebaran.

  1. Bersosialisasi dengan Rekan Kerja

Kembali bekerja setelah libur panjang pasca lebaran, dan WFO pula. Tentunya tidak hanya kamu yang merasa jengkel dan sudah lelah. Berbagi ceritalah dengan rekan kerjamu yang akan kamu temui setiap harinya. Dengan memberi kenyamanan di lingkungan kerja, tentunya akan meningkatkan produktivitas dan meminimalisir burnout di diri kamu.

  1. Jangan Lupa Beristirahat!

Meski sudah masuk kerja dan WFO kembali, bukan berarti kamu harus melupakan waktumu untuk beristirahat dan bersenang-senang. Sempatkanlah dirimu untuk beraktivitas yang menyenangkan di luar jam kerja seperti menonton film, dan juga melakukan hobi yang kamu sukai. Jangan lupa juga untuk kembali menggunakan fasilitas kantor yang bisa me-refresh diri kamu agar tidak burnout di kantor.

Jangan Lupa Untuk Mengenal Diri Kamu!

 

ini adalah gambar sebuah karakter yang sedan berkaca yang menggambarkan karyawan yang sedang berusah mengenali dirinya untuk mengetahu cara mana yang terbaik untuk menghindari burnout saat WFO pasca libur lebaran

 

Kepribadian setiap orang tentunya akan berbeda-beda dan juga akan sangat berpengaruh dengan cara dan waktu yang dibutuhkan untuk beradaptasi dan tidak burnout saat harus kembali WFO pasca libur lebaran. 

 

Maka dari itu, kamu juga harus tahu mana cara dan berapa lama waktu yang tepat untuk kamu menyesuaikan diri dan menghindari burnout saat WFO pasca libur lebaran. Dengan melakukan tes psikometri seperti yang ada pada Dreamtalent, kamu pun bisa lebih mengenal diri kamu dan memahami cara yang paling tepat untuk menghindari burnout saat WFO.