Blog

7 Cara untuk Menemukan Potensi Terbaikmu

- 19 Oct 2021 by Fuji Ulya Nurrahmi.

Summary. Menemukan potensi terbaik bukanlah sesuatu yang mudah. Kebanyakan orang harus mengalami berbagai trial and error. Dibutuhkan tekad yang kuat dalam proses menemukan potensi diri. Artikel ini membahas 7 cara untuk menemukan potensi terbaik di dalam diri agar bisa mengembangkannya secara maksimal. 

Expectations. Setelah membaca artikel ini, kamu tahu cara apa saja yang harus kamu lakukan untuk bisa menemukan potensi terbaik di dalam dirimu.


Gambar tangan di lautan yang sedang memegang kembang api yang sparkling digunakan untuk representasi menemukan potensi terbaik itu tidak mudah.


Menemukan potensi diri adalah proses pencarian yang panjang. Sampai di tahap ini, kamu mungkin sudah mencoba beberapa hal, tapi kamu sadar bahwa itu bukan passion-mu. Kamu pun mencoba berusaha mencari lagi potensimu sebenarnya.

Saat proses pencarian potensi diri itu, kamu mungkin kehilangan arah tujuan hidupmu. Kamu melihat teman-temanmu sudah mulai menemukan potensi dirinya masing-masing, kemudian kamu merasa insecure karena kamu masih clueless tentang langkah hidupmu selanjutnya.

Namun, sebenarnya kamu tidak harus lebih baik dari orang lain. Kamu hanya perlu lebih baik dari dirimu sebelumnya. Oleh karena itu, kamu harus berusaha untuk menemukan potensi terbaikmu. Beberapa cara ini bisa membantumu menemukan potensi tersebut.


1. Bertekad untuk Berkembang


Meme Victory Baby digunakan dalam artikel ini untuk menggambarkan tekad yang kuat dalam upaya menemukan potensi terbaik diri.


Perubahan besar dalam hidup harus dimulai dengan tekad yang kuat. Menumbuhkan tekad untuk terus berkembang adalah keputusan berani yang akan membuatmu melangkah maju. 

Kamu pasti sudah tidak asing dengan anjuran untuk membaca buku atau blog tentang pengembangan diri, mendengarkan podcast, atau ikutan webinar yang diisi oleh orang-orang yang sepemikiran denganmu. 

Hal-hal tersebut membutuhkan tekad agar kamu bisa konsisten menjalaninya. Dengan begitu, kamu bisa semakin dekat dengan tujuanmu, yaitu menemukan potensi terbaikmu.

Ada banyak banget ilmu dan mentor yang bisa kamu temukan. Pada era digital seperti sekarang, kamu bisa mendapatkannya bahkan secara cuma-cuma dengan follow Instagram atau subscribe YouTube akun-akun self-development dan influencers yang bisa memberi kamu insight sesuai dengan apa yang kamu cari. Let’s explore!


2. Kenali Dirimu


Meme Spiderman Kembar digunakan dalam artikel ini sebagai representasi seseorang yang mengenali dirinya sendiri.


Setelah berusaha mendapatkan banyak insights dari orang lain, sekarang saatnya kamu melihat ke dalam dirimu sendiri. Kamu harus mengenali dirimu untuk bisa melihat dengan jelas dan merefleksi hal-hal apa saja yang ingin kamu lakukan untuk hidupmu.

Penting banget untuk kenal sama diri sendiri, tahu kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Dengan begitu, kamu jadi tahu ke mana arah minatmu dan potensi apa yang kamu miliki.


Kita perlu memahami diri kita sendiri dengan baik terlebih dahulu sebelum kita mulai memanfaatkan potensi kita.


Jika kamu merasa butuh validasi lebih mengenai dirimu, kamu bisa bertanya kepada orang-orang terdekat yang benar-benar mengenalmu. Tanyakan apa kelebihan dan kekuranganmu menurut mereka. Hanya orang-orang terdekat yang akan mengatakan kekuranganmu agar bisa kamu perbaiki. 

Selain bertanya kepada orang lain, kamu juga perlu menjawab berbagai pertanyaan seru seputar dirimu seperti di Dreamalent yang bisa membantumu untuk semakin mengenali diri sendiri.


3. Buat Goals-mu Sendiri


Gambar tulisan dream big, set goals, dan take action di post it merepresentasikan tentang cara agar membuat goals untuk menemukan potensi diri pada artikel ini.


Setelah mengenali diri sendiri, kini kamu bisa menetapkan tujuan untuk mengambil langkah selanjutnya. Memiliki tujuan membuatmu lebih memiliki arah sehingga tidak terlalu bingung dan terombang-ambing dalam ketidakpastian.

Seiring berjalannya waktu, kamu bisa menemukan potensi terbaik dalam diri karena kamu akan mengerahkan segala cara untuk mencapai tujuanmu tersebut.

Menurut Tiny Buddha, kamu harus punya tujuan yang nyata. Coba buat tujuan-tujuan kecil yang lebih spesifik, tapi tetap mengarahkan kamu menuju tujuan terbesarmu. 

Misalnya, goals-mu adalah menjadi orang yang sukses dalam berkarir. Nah, kamu bisa contoh hal-hal kecil apa yang dilakukan oleh orang-orang sukses seperti Jeff Bezos, Jack Ma, atau Mark Zuckerberg dalam meraih kesuksesan mereka.

Dengan membuat tujuan yang lebih spesifik, kamu bisa melakukan hal tersebut dengan lebih terukur sehingga tidak hanya menjadi angan-angan semata.


4. Mulai dengan Langkah Kecil


Gambar jari seseorang sedang mendaki miniatur tangga sebagai representasi untuk mulai mengambil langkah kecil agar bisa menemukan potensi diri dalam artikel ini.


Sekarang setelah memiliki sesuatu untuk dituju, lakukan brainstorming untuk menemukan cara-cara agar bisa membuatmu mencapai tujuanmu. Coba mulai dengan langkah-langkah kecil untuk mencapai tujuan tersebut.

Meskipun hanya langkah kecil, tapi hal ini menunjukkan bahwa kamu sudah mengambil tindakan untuk semakin dekat dengan tujuanmu. Langkah kecil tersebut telah membuatmu lebih baik dari dirimu sebelumnya karena kamu telah membuat perubahan.

Melakukan sesuatu dimulai dengan langkah kecil juga bisa membawamu menemukan potensi diri karena kamu akan dihadapkan dengan berbagai tantangan yang bisa memicu dirimu untuk mengeluarkan the best version of yourself.

Jika kamu bingung harus memulai langkah seperti apa untuk menemukan potensi diri dan mencapai tujuanmu, kamu bisa membaca 4 tips yang bisa kamu lakukan saat bingung di artikel ini.


5. Bikin Success List


Gambar Spongebob dengan list yang sangat panjang digunakan untuk merepresentasikan success list dalam artikel ini.


Acapkali, kamu butuh diingatkan bahwa kamu sudah berusaha keras dan mencapai banyak hal dalam hidupmu. 

Saat berada pada situasi sulit, kamu sering merasa hopeless dan merasa bahwa dirimu tidak cukup baik. Nah, success list ini akan selalu mengingatkan kamu bahwa pikiran itu nggak bener.


Kamu harus tetap merasa percaya diri dalam kondisi apa pun.


Success list adalah daftar tulisan yang berisi hal-hal yang pernah kamu capai dalam hidupmu. Kamu bisa menulisnya di buku atau bahkan di blog pribadimu. 

Catat semua pencapaian itu dari yang terbesar hingga terkecil sekali pun. Begini contohnya.

  • Konsisten minum 2 liter air mineral setiap hari
  • Rutin olahraga seminggu tiga kali
  • Lolos wawancara tahap 1 di perusahaan besar
  • Bisa lulus kuliah tepat waktu
  • Ada 50 orang yang baca postingan blog
  • Bisa masak sayur sop yang enak
  • ...dan masih banyak lagi.

Jika menurutmu suatu hal yang telah kamu lakukan adalah sebuah pencapaian, tulis saja di success list-mu. Saat kamu meragukan dirimu sendiri lagi, kamu bisa membaca daftar tersebut. Hal itu bisa membuatmu mengingat bahwa kamu bisa melakukan banyak hal-hal keren.

Bagaimana pun, pencapaian besar adalah kumpulan dari pencapaian kecil yang bermakna. Rasa percaya diri akan selalu tumbuh saat kamu sadar bahwa kamu sedang dalam proses mencapai sesuatu. 

Saat merasa percaya diri, kamu akan terus memunculkan potensi terbaikmu karena kamu tidak lagi meragukan dirimu sendiri.


6. Buat Standarmu Sendiri 


Meme Confident Kid digunakan untuk merepresentasikan bahwa kita harus bisa membuat tolok ukur/standar sendiri di dalam artikel ini.


Jangan pernah berpikir bahwa pencapaianmu terlalu kecil untuk dibanggakan. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain memang nggak akan ada habisnya. 

Jika terus membandingkan diri dengan orang lain, kamu akan terjebak dalam siklus yang tidak akan membawamu ke mana-mana karena kamu selalu merasa lebih ‘kurang’.

Maka dari itu, buatlah standar atau tolok ukur untuk dirimu sendiri. Jangan ragu untuk bangga pada diri sendiri saat membuat kemajuan. Memang, beberapa orang maju lebih cepat daripada yang lain. But, that’s okay. 


Life is not a sprint; it's a marathon.


Kamu hanya perlu fokus pada hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan diri sendiri daripada membandingkan diri dengan orang lain. Meskipun selangkah demi selangkah, hal yang terpenting adalah kamu terus berjalan.

Fokus pada perkembangan diri sendiri akan membuatmu menemukan potensi terbaikmu. Saat sudah menemukan potensi dirimu, kamu akan lebih mudah untuk mencapai tujuanmu.


7. Jangan Takut Gagal


Meme Pepe The Frog Afraid digunakan untuk merepresentasi rasa takut gagal di dalam artikel ini.


Last but not least, jangan pernah takut gagal. Perasaan khawatir karena takut akan kegagalan tidak akan membawamu ke mana-mana.

Perasaan takut gagal itu akan membuatmu meragukan potensi yang kamu miliki. Bagaimana pun, kegagalan adalah suatu hal yang wajar. Satu hal yang perlu diingat adalah:


Kamu tidak akan gagal terus-menerus.


Oleh karena itu, kegagalan yang pernah kamu alami tidak seharusnya menjadi penghambat untukmu menemukan potensi diri dan terus mengembangkannya.

Lagi pula, sebenarnya kamu bisa memetik banyak pelajaran dari kegagalan. Kamu bisa memperbaiki hal tersebut pada kesempatan selanjutnya. Misalnya, kamu gagal pada tahap interview user karena kamu tidak belajar dengan maksimal. Dari situ, kamu tahu hal apa yang harus kamu lakukan pada kesempatan berikutnya.

Dengan demikian, kegagalan juga justru bisa membuatmu semakin menggali potensi terbaikmu jika kamu tidak merasa takut dan melihatnya sebagai peluang untuk terus berkembang. 


Potensi itu Sudah ada di dalam Dirimu


Kamu harus ingat, potensi itu sudah dan pasti ada di dalam dirimu. Kamu hanya perlu menemukannya dengan cara sebaik-baiknya. 

Bagaimana pun, untuk menemukan potensi terbaik dalam diri tidak hanya terbatas pada ketujuh cara di atas, masih banyak cara yang bisa kamu explore untuk menemukan potensi tersebut. 

Psikotes online di Dreamtalent pasti bisa membantumu dalam hal ini. Tidak hanya potensi diri, kamu juga bisa mengetahui minat kariermu, loh. Tunggu apa lagi?