Blog

Harga BBM Naik: Ini Cara Minta Naik Gaji

Karier - 21 Sep 2022 by Annisa Novianty

Summary. Harga BBM naik membuat pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari meningkat. Hal ini dapat dijadikan alasan untuk kamu minta naik gaji. Namun, tidak serta merta harga BBM naik menjadi alasan tunggal untuk minta naik gaji. Kamu harus memiliki value yang bisa menjadi dasar pertimbangan perusahaan untuk menaikkan gaji kamu. Kemudian ada beberapa persiapan lainnya yang perlu kamu siapkan dengan matang. Perusahaan pastinya akan menaikkan gaji kamu selama kondisi perusahaan memungkinkan dan value kamu cocok dengan perusahaan.

Expectations. Setelah membaca artikel ini, maka kamu memahami cara untuk meminta kenaikan gaji pada perusahaan.

 

Harga BBM selalu mengalami kenaikan. Apabila gaji tidak ada kenaikan, yang ada gaji habis untuk memnuhi kebutuhan.

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia digemparkan oleh naiknya harga BBM. Harga kebutuhan pokok otomatis naik sehingga pengeluaran pun akan meningkat. Biaya transportasi khususnya bagi pengguna kendaraan pribadi maupun ojek online pasti meningkat. Bagi yang memiliki penghasilan yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhannya pastinya akan merasa sangat kesulitan. 

Kenaikan harga BBM ini dapat menjadi kesempatan untuk kamu meminta naik gaji. Daripada nombok lebih baik kamu komunikasikan kepada perusahaan. Cara untuk meminta naik gaji adalah sebagai berikut: 

Kenali diri kamu, ketahui nilaimu, baru kamu dapat menentukan besar kenaikan gaji yang sekiranya dapat kamu terima.

  1. Riset “Harga” Kamu

Sebelum berbicara dengan atasan, kamu harus melakukan persiapan dengan melakukan riset. Harga yang dimaksud adalah value kamu dan besaran gaji yang pantas untuk kamu dapatkan dengan value tersebut. Lakukan riset dengan melihat rata-rata gaji di posisi kamu saat ini. Kamu bisa menemukan di website seperti job portal. Range gaji biasanya dilampirkan dan kamu bisa menentukan acuan dari website tersebut.

Selain itu, kamu harus menentukan value kamu dalam perusahaan. Coba kamu evaluasi pencapaian kamu dan apa saja yang perlu kamu tingkatkan pada diri kamu. Lamanya kamu berkontribusi juga dapat menjadi pertimbangan. Riset kamu dapat dimulai dari:

  • Browsing di Internet gaji rata-rata dari posisi kamu saat ini

  • Tanyakan pada rekan kerja ataupun teman kamu

  • Jadikan nilai tersebut untuk acuan kamu kemudian hitung pengeluaran

  • kamu perbulan secara rinci

  • Tentukan range gaji yang kamu inginkan

 

  1. Persiapkan Alasan

Setelah melakukan riset, kamu perlu menyiapkan alasan dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh atasan kamu. Tentunya alasan BBM naik akan kamu utarakan, tetapi alasan tersebut tidak dapat menjadi alasan tunggal untuk kamu ajukan ke atasan. Pada dasarnya hubungan perusahaan dan karyawan adalah hubungan simbiosis mutualisme dimana harus bersinergi satu sama lain. Oleh karena itu, kamu harus mengajukan alasan kuat yang membuat perusahaan perlu untuk menaikkan gaji kamu.

Kamu dapat menjelaskan kontribusi apa saja yang kamu lakukan pada perusahaan, pencapaian, dan kemudian goal apa yang ingin kamu capai untuk perusahaan.

  1. Buat Janji dengan Atasan

Kamu jangan datang tiba-tiba ke ruangan atasan kamu untuk meminta gaji tetapi tanyakan terlebih dahulu ketersediaan waktu dari atasan kamu untuk membahas permintaan naik gaji kamu. Kamu bisa menghubunginya via chat dengan bahasa yang sopan ataupun bertemu langsung dan menanyakan ketersediaan waktu dari atasan kamu

  1. Sampaikan dengan Percaya Diri

Setelah semua persiapan telah kamu lakukan, kamu harus percaya diri dalam menyampaikan permintaan naik gaji. Susun hal-hal yang ingin kamu sampaikan secara sistematis sehingga lebih mudah untuk menyampaikannya. Jelaskan secara rinci dimulai dari:

  • Intro atau basa-basi terlebih dahulu. Jangan langsung bilang “Pak/Bu, saya ingin minta naik gaji.”

  • Alasan kamu menemuinya

  • Jelaskan alasan kamu ingin naik gaji, impact untuk perusahaan dengan kenaikan gaji kamu, dan rencana kamu di dalam perusahaan

  • Sampaikan besar kenaikan gaji yang kamu inginkan

  • Jangan lupa berterima kasih 

Semakin tinggi value kamu dan rasa percaya diri kamu, maka atasan kamu akan yakin dan kemungkinan besar akan mengusahakan kenaikan gaji kamu. Oleh karena itu, memiliki dan menentukan value kamu sangat penting dalam proses permohonan kenaikan gaji ini.

Bagaimana Menentukan Value Kamu?

Kamu dapat mengetahui value kamu apabila kamu telah mengenal diri kamu sendiri. Mengetahui kapasitas dan kelebihan kamu yang dapat mendukung kinerja perusahaan. Kamu tidak dapat menjanjikan hal yang tidak dapat kamu lakukan pada perusahaan. Salah satu cara terbaik untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan melakukan psikotes. 

Psikotes yang saat ini paling valid adalah Big Five karena hasil tes tersebut mendeskripsikan kepribadian kamu dengan jelas tanpa ada pengkotak-kotakan. Banyak platform yang menyediakan psikotes jenis Big Five secara online seperti Dreamtalent dengan hasil deskriptif dan akurat. Perusahaan pasti akan bersedia untuk menaikkan gaji kamu apabila kamu valuable dan budget perusahaan mencukupi. Maka dari itu kenali diri kamu dahulu sebelum meminta naik gaji.

Related Blog

Yehezkiel Faoma Taslim - 10 Dec 2019
Yehezkiel Faoma Taslim - 23 Jun 2020