Blog

Zodiak dan Budaya Kerja: Apakah Relevan?

Tempat Kerja - 05 Aug 2022 by Annisa Novianty

Summary. Tidak sedikit recruiter yang menggunakan zodiak sebagai dasar pertimbangan untuk menerima kandidat. Mereka meyakini budaya kerja dari zodiak tertentu tidak cocok. Padahal, tidak semua orang dengan zodiak yang sama memiliki budaya kerja yang sama. Zodiak tidak relevan dengan budaya kerja. Cara terbaik adalah menggunakan tes kepribadian untuk menilai kepribadian seseorang.

Expectations. Setelah membaca artikel ini, maka kamu dapat memahami irelevansi zodiak dengan budaya kerja dan mengetahui cara terbaik untuk menilai kepribadian seseorang termasuk diri sendiri.

Sempat ramai di sosial media mengenai recruiter yang secara blak-blakan mengutarakan, “karena alasan personal, gak nerima Gemini.” Katanya sih, ga bisa cocok sama orang dengan zodiak Gemini. Memangnya semua yang berzodiak Gemini memiliki budaya kerja yang sama?



Kepribadian orang berzodiak Gemini sering kali digeneralisasi dan dianggap kurang baik terutama untuk menjadi partner kerja.

 

Tidak sedikit perusahaan yang menggunakan zodiak sebagai dasar pertimbangan untuk menilai kecocokan kandidat dengan budaya kerja perusahaan. Setiap zodiak dinilai memiliki sifat dan karakteristik masing-masing yang dapat digeneralisasi pada seluruh orang. Nyatanya, banyak sekali karakter atau sifat suatu zodiak yang tidak sesuai dengan seseorang. Parahnya lagi, mereka menjadi tersugesti dan meyakini bahwa karakter mereka seperti itu.

 

Suka bingung milih menu di warteg. Kayaknya bener deh, libra itu susah ambil keputusan.

 

Padahal, yang bingung milih menu di warteg tidak hanya para libra. Semua orang bisa bingung milih menu. Hal-hal kecil seperti ini yang mampu mendoktrin pikiran seseorang. Ketika meyakini akan suatu hal, maka lambat laun akan menjadi kenyataan. Hal tersebut dapat berkembang menjadi stigma yang berujung pada pengkotak-kotakan.

Zodiak dan Budaya Kerja Tidak Relevan

Sebenarnya, relevan atau tidak apabila perusahaan menolak seseorang karena zodiak yang mereka miliki tidak sesuai dengan budaya kerja di perusahaan mereka? Berikut alasan zodiak tidak bisa dikatakan sebagai faktor penentu budaya kerja seseorang:

  • Manusia Tidak Dapat Digeneralisasi

Manusia adalah makhluk yang kompleks. Sifat dan karakter seseorang dibangun dari sejak kecil hingga saat ini dengan beberapa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi. Letak bintang bukanlah faktor dari pembentukan kepribadian seseorang. Anak kembar sekalipun memiliki sifat dan karakter yang berbeda, padahal mereka lahir di hari dan jam yang sama. Jadi, kamu masih mau menilai kepribadian orang berdasarkan zodiak?

  • Secara Tidak Langsung Merupakan Diskriminasi

Mengeliminasi kandidat hanya karena zodiak yang dimilikinya secara tidak langsung merupakan bentuk diskriminasi. Hal ini akan membentuk toxic workplace karena melakukan pengkotak-kotakan. Kita tidak dapat menilai seseorang hanya dari satu faktor, yang bahkan tidak dapat disebut faktor, tanpa terlebih dahulu mengenalnya. 

 

Kepribadian individu digeneralisasi oleh zodiak dan dikotak-kotakkan oleh individu.

Bagaimana Cara Mengetahui Budaya Kerja Kamu?

 

Zodiak tidak dapat menjadi tolak ukur kepribadian seseorang. Cara yang paling tepat untuk mengetahui kepribadian seseorang adalah dengan melakukan tes kepribadian. Banyak sekali jenis tes kepribadian yang ada, maka dari itu gunakan tes kepribadian yang sudah diotorisasi seperti Big Five.

 

 

Before anything else, find yourself, be yourself and love yourself.



Apabila kamu bingung dengan kepribadianmu sendiri, bagaimana orang dapat memahami dan menerima kamu? Oleh karena itu, memahami kepribadian kamu sangatlah penting sebelum menentukan budaya kerja yang cocok. Dengan mengenal diri sendiri, kamu akan paham bagaimana cara kamu bersosialisasi, mengelola emosi, bahkan gaya dan preferensi dalam budaya kerja. 

 

Hasil dari tes kepribadian dapat kamu gunakan untuk menentukan budaya kerja dan mempermudah kamu mencari budaya perusahaan yang cocok. Banyak sekali website tes kepribadian yang validitasnya belum jelas. Daripada bingung, kamu bisa coba Dreamtalent untuk memahami kepribadian dan menemukan karir yang cocok untuk kamu. Hasil tes dideskripsikan secara lengkap dan direpresentasikan dengan  lengkap dan mendalam tapi mudah dipahami, jadi gak ada deh namanya pengkotak-kotakan kepribadian.

 

Sudah bukan lagi zamannya untuk menggunakan zodiak dalam menilai kepribadian seseorang. Ilmu dan teknologi sudah berkembang dengan pesat, yakin masih mau percaya zodiak?

Related Blog

Aurellia Candraningtyas - 16 Mar 2022
Andi Annisa Mara Bintang - 22 Mar 2022
Aurellia Candraningtyas - 09 Mar 2022