Summary. Sebagai pemimpin perusahaan, Anda harus memahami bahwa kesehatan mental karyawan merupakan aspek terpenting akan tumbuh kembang perusahaan. Karena karyawan yang memiliki tingkat stress berlebih akan berdampak pada kinerja yang ia hasilkan, itu mengapa tanggung jawab perusahaan akan mental health karyawan di tempat kerja sangat penting, karena akan menghasilkan banyak manfaat seperti meningkatkan produktivitas dan keterampilan, meningkatkan interaksi dan partisipasi sosial, serta mengurangi perilaku berisiko kesehatan (merokok, alkohol berlebih).
Expectations. Setelah membaca ini, diharapkan Anda dapat menjadi seorang pemimpin perusahaan yang mengedepankan kesehatan mental karyawan.
Kesehatan mental bukanlah hal yang mudah untuk ditangani, terutama di tempat kerja. Itu mengapa Anda perlu mempelajari pentingnya employee mental health dan bagaimana hal itu mempengaruhi keberhasilan employer.
Saat ini, kesehatan mental di tempat kerja menjadi perhatian utama semua orang sejak memasuki awal pandemi, itu mengapa hal ini sudah menjadi suatu keharusan, karena menciptakan solusi kesehatan mental untuk membantu karyawan Anda berkembang, adalah langkah pertama menuju kesuksesan bisnis Anda.
Mengapa mental health di tempat kerja penting?
Menurut State of Mental Health In America 2021, rata-rata tingkat kecemasan tertinggi dimulai sejak awal pandemi, dengan peningkatan tiga kali lipat yang menyebabkan pengaruh kinerja karyawan menurun. Orang yang didiagnosis mengalami gangguan kesehatan mental akan kehilangan rata-rata 19 hari kerja per tahun, serta 46 hari bekerja dengan kesulitan produktivitasnya.
Jika tidak segera ditangani, penyakit kesehatan mental ini dapat menyebabkan kecacatan dan meningkatnya jumlah pengangguran, sehingga hal ini ikut berdampak pada pertumbuhan perusahaan yang harus melakukan perekrutan baru untuk mendapatkan karyawan yang lebih baik lagi.
Peran perusahaan akan employee mental health
Anda bisa mulai dengan menghadirkan pelatihan pertolongan pertama kesehatan mental dengan menawarkan program kepada karyawan, seperti benefit gratis bimbingan ke psikolog, atau menghadirkan ahli psikiater pada perusahaan Anda.
Dengan mengurangi beban kerja juga menjadi aspek kesehatan mental karyawan, karena ketika seorang karyawan mengalami kelelahan emosional, fisik dan mental yang disebabkan oleh stres yang berlebihan dan berkepanjangan, mereka cenderung kewalahan dan tidak mampu memenuhi ekspektasi perusahaan. Anda juga bisa sesekali memberikan pengakuan atau penghargaan akan pekerjaan yang baik kepada karyawan, agar mereka merasa kontribusi yang sudah diberikan sangat berguna.
Beri tahu karyawan Anda bahwa kesehatan mental mereka sangat penting bagi perusahaan, dan sangat dianjurkan untuk semua tingkat pekerjaan, hal ini juga berguna untuk melindungi whistleblower. Pastikan bahwa rencana kesehatan yang ditawarkan kepada semua karyawan mencakup cakupan kesehatan mental yang memadai, dan diskusikan masalah kesehatan mental di tempat kerja.
Manfaat employee mental health yang baik
Ada banyak sekali manfaat untuk perusahaan ketika Anda peduli dengan kesehatan mental karyawan, diantaranya:
1. Meningkatkan produktivitas dan keterampilan
Adanya penerapan sistem work life balance di perusahaan Anda, tentu akan mempengaruhi kesehatan mental karyawan, karena keseimbangan beban kerja dan tanggung jawab yang dikerjakan, sehingga apa yang karyawan berikan atas kontribusinya, akan berdampak pada perkembangan perusahaan yang lebih cepat, dan mudah mencapai target yang Anda harapkan karena karyawan akan jauh lebih produktif dan terampil pada waktu bekerjanya.
2. Meningkatkan interaksi dan partisipasi sosial
Dengan adanya teamwork yang baik akan menciptakan lingkungan dan budaya kerja yang harmonis untuk menunjang tujuan yang sama, dengan kesehatan mental karyawan yang seimbang dapat membentuk rasa kebersamaan, saling percaya, dan mampu berkomunikasi dua arah dengan baik.
3. Mengurangi perilaku berisiko kesehatan
Karyawan yang memiliki masalah kesehatan biasanya rentan mengambil keputusan yang benar, alih-alih overdosis mengkonsumsi obat tidur untuk menghindari kecemasan berlebih akhirnya berdampak pada kinerjanya di kantor. Maka dari itu, dengan adanya kepedulian Anda terhadap kesehatan mental karyawan, bisa menghindari kejadian ini untuk tidak terjadi.
Itulah pentingnya mengetahui kepribadian karyawan Anda, apakah mereka memiliki kesehatan mental yang rentan atau tidak melalui asesmen psikometri Dreamtalent, sebelum memutuskan untuk mereka bergabung dalam perusahaan Anda, apalagi jika workflow pada bisnis Anda menerapkan perubahan dan pergerakan yang cepat.