Blog

Kenali Tokoh Batman, Ini 5 Tips Kelola Bisnis ala Bruce Wayne

Tempat Kerja - 22 Mar 2022 by Aurellia Candraningtyas

Summary. Bruce Wayne memiliki 5 tips mengelola bisnis yang cocok dikembangkan bagi para pebisnis yang mengejar sukses. Kelima tips tersebut adalah untuk meningkatkan public profile, berani mengambil resiko, memperkuat networking, berinovasi dengan teknologi, dan manfaatkan teamwork.

Expectations. Setelah membaca artikel ini, Anda sebagai perusahaan dapat mengadaptasi tips mengelola bisnis seperti yang dikembangkan oleh Bruce Wayne sebagai identitas asli yang disadur dari franchise film Batman.

Akhir-akhir ini, dunia entertainment sedang digemparkan dengan film baru The Batman yang dibintangi oleh Robert Pattinson sebagai pemeran utama Batman, atau dikenal juga dengan identitas aslinya, Bruce Wayne.

Film yang tayang di Indonesia sejak 3 Maret 2022 ini menampilkan kisah baru dari sosok Batman, berusaha untuk menemukan pembunuh sadis yang meninggalkan jejak-jejak kriptik, menjadi tugas utama bagi Batman untuk kembali memenangkan keadilan dan membawa perdamaian di Gotham dan dunia.

Batman yang diperankan oleh Robert Pattinson

Sebagai seorang superhero ternama, Bruce Wayne tidak hanya berangkat dari sosok manusia biasa. Wayne juga terkenal dengan strategi bisnisnya yang membuatnya sukses menjalankan Wayne Enterprises. Bisnis yang ia kembangkan memiliki pamor yang cukup tinggi di penduduk Gotham, membuatnya menjadi sosok yang kaya raya dan sukses di mata orang-orang. 

Dibalik kesuksesannya, ada hal-hal yang membuat bisnis Bruce Wayne berjalan meskipun ia harus menjadi sosok The Dark Knight di saat dirinya terpanggil. Apa saja 5 tips kelola bisnis ala Bruce Wayne? Simak artikel berikut ini!

Meningkatkan Public Profile 

Gambar Wayne Foundation di komik DC batman sebagai bukti usaha Batman meningkatkan public profile

Terlepas dari posisi Bruce Wayne sebagai superhero yang dikenal dengan nama Batman, Wayne tidak pernah melupakan sisi humanismenya. Contohnya dengan membentuk Wayne foundation yang digunakan sebagai program charity fokus untuk memberikan bantuan kepada anak yatim piatu dengan memberikan edukasi gratis kepada mereka dan penghidupan yang layak, membuat Wayne Charity memiliki tempat tersendiri di kalangan publik yang mengenal Bruce Wayne sebagai businessman yang dermawan.

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu dapat meningkatkan public profile anda dengan berbagi ilmu. Tidak semata-mata harus mendirikan foundation, namun juga membuka kesempatan Anda untuk lebih dermawan dengan memberikan tips-tips kiat sukses dalam bisnis Anda, memberikan sekadar insight bisnis yang dapat dibagikan di media sosial, dan juga berbagi keseharian tentang kegiatan yang Anda lakukan sebagai pebisnis untuk meningkatkan citra transparansi pada publik. 

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bruce Wayne, hal ini memberikan tidak hanya personal branding Anda sebagai individu, namun juga citra perusahaan Anda dan meningkatkan pandangan positif untuk meningkatkan nilai employer branding

Berani Mengambil Resiko

Batman dengan identitas asli Bruce Wayne tidak pernah gentar untuk mengambil resiko

Sebenarnya, tidak pernah ada batasan. Batas bukanlah di mana Anda dipaksa untuk berhenti, melainkan di mana Anda memilih untuk berhenti.

Bruce Wayne adalah orang yang selalu mengambil high risk. Sebagai sosok yang high achiever, dia tidak pernah berusaha melewatkan kesempatan-kesempatan besar untuk mengembangkan bisnisnya. Anda juga dapat mengetahui bagaimana karakter Anda sebagai seorang pebisnis dengan menggunakan tes psikometri. Apakah anda sosok yang memiliki karakter sama dengan Bruce Wayne? 

Bruce Wayne juga bukanlah sosok yang penakut. Baik dalam hal bisnis maupun superhero, Wayne selalu berusaha untuk mengutamakan satu hal: menegakkan keadilan. Karenanya, ia juga menerapkan hal itu dalam konsep bisnis yang ia kembangkan. Setidaknya, berusaha untuk terus melakukan hal yang benar dengan segala konsekuensi ke depan jauh lebih baik bagi Wayne. 

Terlepas dari hal itu, memiliki karakter ini sangat penting untuk mempertahankan bisnis supaya lebih maju dan selalu memandang goal ke depan. Bagi pebisnis yang mengambil resiko, tidak akan ada hambatan untuk maju maupun menoleh kebelakang untuk melihat masa lalu. Hanya ada satu tujuan, yaitu untuk mewujudkan mimpi yang sudah tercatat di benak mereka. 

Perkuat Networking

Christian Bale sebagai Bruce Wayne berakting di dalam scene The Dark Knight

Meskipun Batman adalah superhero ternama, ini tidak membuat dirinya serta merta berhenti untuk menghadiri acara-acara sosial. Demi menghindari identitasnya terbongkar, ada satu scene di trilogi Batman yang berjudul The Dark Knight, diperankan oleh Christian Bale, dimana Bruce Wayne tetap menghadiri acara seperti penggalangan dana atau pesta formal untuk meningkatkan networking terhadap para pebisnis lain. 

Sebagai seorang pebisnis, Anda perlu meningkatkan jaringan Anda seperti Bruce Wayne. Memperkuat koneksi tidak hanya dapat membantu Anda untuk meningkatkan public profile dan branding di depan orang-orang, namun juga membantu Anda untuk lebih memahami situasi orang lain dan belajar dari perspektif yang lebih luas. 

Batman juga menggunakan aksi sosialisasi dan networking sebagai ajang untuk mengenali musuh. Untuk Anda yang berbisnis dan ingin memahami kompetitor Anda, terbuka dengan mereka juga menjadi cara untuk mengerti strategi yang dapat Anda pelajari untuk menjadi strategic takeways ke depannya. 

Berinovasi dengan Teknologi

Teknologi Batmobile yang digunakan oleh Bruce Wayne sebagai bentuk inovasi kreatifnya.

Bicara teknologi bersama Batman, siapa yang tidak mengenal Batmobile? Benar, Bruce Wayne memang tidak pernah kehabisan akal untuk mengembangkan teknologi-teknologi yang dapat menunjang kerjanya. Pun, di Wayne Enterprise, Bruce Wayne banyak menggunakan AI untuk mengembangkan kinerja perusahaannya.

Anda sebagai pebisnis juga dapat menerapkan hal ini dalam lingkungan kerja Anda. Terlalu terpaku pada hal-hal tradisional tidak akan membantu Anda untuk maju. Melainkan, terus memacu diri untuk melihat kemana arah teknologi berkembang. 

Hal ini tidak terbatas kepada perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi saja. Apapun field perusahaan Anda, teknologi dapat dimanfaatkan sebagai pihak ketiga yang dapat membantu mengembangkan kinerja cepat karyawan. Khususnya di dunia serba digital, Anda ingin perusahaan Anda untuk tetap relevan dengan media sosial. Teknologi adalah jawabannya. 

Teamwork is Everything

Batman dan Selina Kyle yang saling bekerja sama untuk membuat keadilan seperti seorang pebisnis yang bekerja sama

Sosok sekuat Batman, the caped crusader sendiri masih membutuhkan bantuan orang lain untuk mengembangkan ide-idenya. Bruce Wayne adalah sosok yang loyal terhadap orang-orang yang juga loyal kepadanya. Contoh, Batman sendiri bukan apa-apa tanpa kehadiran Robin, Alfred, hingga partner romansanya, Selina Kyle. Sama seperti Anda sebagai pebisnis, Anda membutuhkan sosok karyawan yang dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis Anda. Kerja bersama tim yang membantu Anda maju ke depan akan membantu Anda untuk lebih produktif dan siap menghadapi tantangan bisnis.

Bruce Wayne menyadari bahwa sekuat apapun dirinya, ia hanyalah manusia yang masih membutuhkan bantuan orang lain. Karenanya, Wayne selalu mengutamakan untuk mempekerjakan karyawannya dengan baik. Membiarkan mereka mendapatkan perlakuan sebagaimana mestinya, dan tentunya menyesuaikan bahwa prinsip-prinsip yang mereka pegang cocok dengan Wayne Enterprise supaya bersama mereka dapat mewujudkan mimpi perusahaan Bruce Wayne.

Membangun Wayne Enterprise versi Anda

Wayne Enterprise sebagai simbol kesuksesan batman dalam berbisnis.

Membangun Wayne Enterprise versi Anda berarti tidak hanya bergerak sendiri sebagai seorang pebisnis, namun juga dibantu dengan memahami karakteristik Anda sebagai sosok yang mengelola bisnis dan bagaimana karyawan-karyawan Anda dapat menjadi personality yang memiliki tujuan yang sama dengan goal yang Anda tetapkan.

Cara untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan melakukan Tes Psikometri Asesmen psikometri Dreamtalent menawarkan bantuan untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang karakter karyawan Anda. Dengan jaminan akurasi hingga 90%, Anda akan lebih siap untuk membentuk Wayne Enterprise dengan memilih kandidat yang cocok dengan culture dan karakteristik perusahaan Anda.

Related Blog

Andi Annisa Mara Bintang - 19 Apr 2022
Yehezkiel Faoma Taslim - 26 Oct 2020