Blog

5 Tips Ini Penting Untuk Personal Branding Kamu

- 21 Sep 2020 by Yehezkiel Faoma Taslim

Ditulis oleh Marcella Gracia Vania.

Kata-kata personal branding ini sendiri tampaknya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Terutama dengan menyadari pentingnya online presence yang pernah dibahas pada artikel sebelumnya, semua orang pasti perlu melakukan personal branding demi membentuk citra diri mereka masing-masing. Lalu sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan personal branding itu sendiri? Dan apa sih pentingnya?

Apa Itu Personal Branding?


Personal Branding adalah cara dimana seseorang membentuk citra dirinya sendiri sehingga persepsi masyarakat akan dirinya terbentuk lewat prestasi, keahlian serta perilaku. Dengan melakukan personal branding, kamu bisa membentuk kepercayaan dan loyalitas dengan orang lain. Bisa dibilang, personal branding adalah cara dan kesempatanmu untuk menampilkan keunikan dan ciri khas yang ada pada dirimu.


Personal Branding adalah proses membentuk citra diri dan menampilkan keunikanmu dibandingkan yang lain.


Membangun nilai personal branding adalah proses yang dapat disengaja dan juga tidak disengaja. Artinya, kamu bisa sekreatif mungkin membangun citra diri sesuai keinginanmu dengan membangun reputasi seperti apa yang kamu ingin orang lain lihat dari dirimu sendiri. 

Mengapa Personal Branding Begitu Penting?

1. Personal branding untuk karier


Baca lebih lanjut tentang tips untuk interview di artikel blog ini!

Cara personal branding ini banyak dilakukan oleh pencari kerja, influencer di media sosial, dan profesi lainnya. Salah satu contohnya adalah ketika kamu melamar kerja dan sedang dalam interview dengan HRD. Para HRD tentu saja akan langsung meminta untuk kamu menjelaskan tentang dirimu terlebih dahulu.

Kalau masih ingat dari blog sebelumnya, ini adalah teknik yang dikenal sebagai elevator pitch: memperkenalkan dan ‘menjual’ diri dan kelebihanmu dalam sekitar satu menit. Di saat itulah waktu yang tepat untuk membangun personal branding mu dengan menggabungkan pengalaman, prestasi serta keahlian yang kamu kuasai sehingga kamu menjadi kandidat yang terpilih.

2. Personal branding di media sosial


Personal branding menjadi lebih penting ketika kamu mulai membangun online presence dalam berbagai platform media sosial. Karena jejakmu (footprint) di media sosial dan internet bersifat permanen, tentunya kamu juga harus melakukan personal branding yang baik dan benar. Dengan menampilkan konten menarik sesuai dengan ciri khasmu di Instagram, misalnya, atau di media sosial lainnya, audiens akan semakin sering untuk mengunjungi profilmu. Engagement yang kamu dapatkan tentunya juga akan meningkat dan memperkuat personal brand kamu.

3. Personal branding untuk membangun bisnis


Menggunakan strategi personal branding tidak hanya dilakukan untuk menunjukkan ciri khas dan keunikan dari dirimu saja. Namun, cara ini juga bisa digunakan oleh kamu yang sedang membangun bisnis. Kamu tentu perlu memikirkan cara untuk bisa menawarkan keunikan dari bisnismu sendiri sehingga para klien akan tertarik dengan keunikan dan keunggulan dari produk yang kamu punya. Selain itu, dengan melakukan personal branding yang konsisten, kamu tentunya akan membentuk kepercayaan dan loyalitas dengan semua klienmu. Inilah keunggulan paling penting dari personal branding untuk teman-teman yang sedang membangun bisnis.

5 Tips Untuk Personal Branding Yang Efektif

Setelah kita mengetahui pentingnya personal branding, kita juga perlu mengenal beberapa tips penting untuk membangun personal branding dengan baik dan benar. Bagaimana caranya?

1. Temukan keunikan dan ciri khasmu 

Langkah pertama dalam membangun personal branding adalah mengetahui kelebihan dan keunikan yang kamu miliki. Temukan apa yang membedakan dirimu dengan orang lain; apa yang membuatmu unik: prestasi, keahlian, dan tentunya kepribadianmu. Kamu bisa memulainya dengan mengikuti berbagai macam psikotes seperti Dreamtalent dimana kamu dapat menemukan keunikan dan passion yang belum kamu sadari.

2. Tentukan tujuan yang jelas

Setelah berhasil menemukan keunikanmu sendiri, kamu bisa menentukan arah dan tujuan yang ingin dicapai dari melakukan personal branding. Kamu ingin dilihat sebagai apa atau seperti apa? Sebagai seorang ahli dalam bidangmu, seseorang yang dapat dipercaya dengan berbagai pengalaman, atau yang lainnya? Dengan begitu, kamu bisa menentukan strategi untuk membentuk persepsi publik akan dirimu ke arah yang diinginkan.

3. Jaga konsistensi

Melakukan personal branding artinya kamu ingin dikenal banyak orang sebagai pribadi yang memiliki keunikan dan ciri khasmu sendiri. Ini artinya harus bisa membangun kepercayaan atau loyalitas dengan audiens yang relevan Caranya adalah dengan bersikap konsisten dalam menunjukkan citra diri. Jika kamu ingin dikenal sebagai seorang expert, selalu bersikap profesional dan cantumkan sumber/citation dalam konten yang kamu buat, untuk contohnya. Dengan menjaga konsistensi, kamu akan lebih mudah dikenal sebagai sosok pribadi sesuai dengan tujuan personal branding yang telah ditetapkan.

4. Buat konten yang sesuai dengan gayamu

Untuk kamu yang gemar main media sosial, membangun persepsi publik merupakan hal yang penting untuk diwujudkan. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat isi konten yang kreatif dan sesuai dengan gayamu sendiri. Tunjukkan ciri khas dan kreativitasmu melalui platform media sosial yang kamu gunakan. Ini adalah cara paling straightforward untuk membangun personal branding yang menggambarkan keunikan dirimu (kamu banget).

5. Perluas relasi dan networking 

Cara terakhir agar kamu bisa membangun personal branding dengan cepat adalah dengan mempunyai network dan relasi yang luas. Dengan mempunyai banyak relasi tentunya kamu akan banyak menemukan hal baru dari mereka dan mendapatkan feedback tentang bagaimana mereka melihatmu. Jika kamu memberikan kesan yang baik dan profesional dengan relasi atau partner kerjamu, mereka dapat menjadi orang-orang yang membantumu memperluas dan memperkuat personal branding yang sedang kamu bangun.

Personal Branding Membentuk Citramu Sendiri

Melakukan personal branding memang sangat penting dalam segala bidang. Namun, kalau kamu mau lebih jago lagi dalam melakukan personal branding, penting untukmu mengenal lebih jauh kelemahan dan kelebihanmu sendiri sehingga kamu bisa menemukan keunikan dirimu sendiri. Yuk kunjungi Dreamtalent dan kerjakan psikotes dan games-nya untuk menemukan tipe kepribadianmu, kelebihanmu, dan banyak lagi!