Blog

Magang Lintas Jurusan, Kenapa Enggak?

- 15 Oct 2021 by Yehezkiel Faoma Taslim

Ditulis oleh Alya Clarissa.

Summary: Banyak mahasiswa ataupun fresh graduate merasa salah jurusan saat kuliah. Intern lintas jurusan merupakan salah satu alternatif untuk mencoba jalur karier yang berbeda dari jurusan sebelumnya. Artikel ini akan membahas tips-tips untuk para fresh graduate yang ingin magang lintas jurusan

Expectations: Setelah membaca artikel ini, kamu bisa mengetahui berbagai hal yang perlu disiapkan untuk magang lintas jurusan setelah lulus kuliah. 


Pernahkah kamu merasa kurang yakin tentang karier kamu sendiri? Mau magang tapi hanya ada lowongan yang gak nyambung sama jurusan. Gimana nih? Emang boleh ya?

Saat ini, kerja tidak sesuai jurusan bukanlah hal yang aneh lagi di mata mahasiswa, fresh graduate ataupun para rekruter. Dengan bekerja di luar ranah jurusan, hal tersebut menjadi nilai tambah karena kamu menguasai kemampuan yang lebih banyak. 

Kalo dulu magang hanya identik dengan program khusus anak semester akhir, zaman sekarang banyak perusahaan yang membuka lowongan magang untuk fresh graduate juga. Tentu hal ini jadi sebuah kesempatan bagus buat kamu yang ingin mencoba pekerjaan lain di luar jurusan kuliah kamu. Kira-kira, kamu tertarik gak nih buat lintas jurusan saat magang? 


Berawal dari salah salah jurusan…


Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih untuk magang lintas jurusan adalah karena salah jurusan saat kuliah karena jurusan tidak sesuai dengan minat dan bakat. Banyak dari mereka baru menyadari passion mereka sebenarnya saat kuliah. 

Pertanyaan ini sering banget nih ditanyakan, Boleh gak sih magang lintas jurusan? Jawabannya boleh dong!

Kamu tidak perlu takut untuk mencari dan melamar magang yang tidak sesuai dengan jurusan kamu sebelumnya. Lebih baik kalau kamu mementingkan kemampuanmu agar dapat memberikan kontribusi pada perusahaan. Jangan membatasi diri sendiri untuk mengembangkan kemampuan di luar ranah jurusanmu. 

Zaman sekarang pun kebanyakan perusahaan tidak mementingkan latar belakang pendidikan para kandidat, namun para recruiter lebih melihat pengalaman, kemampuan, serta minat kamu kepada posisi yang dilamar. The Body Shop adalah salah satu perusahaan yang tidak mementingkan latar belakang pendidikan. 

Kamu juga tidak perlu takut untuk magang lintas jurusan, karena saat magang pun kamu akan dipandu oleh mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya. 


Karakter Michael Scott pada series the office sedang berjabat tangan



Tapi, sebelum mulai magang, ada hal beberapa hal yang harus kamu perhatikan dulu nih. Yuk simak artikel ini! 


4 Tips untuk Magang Lintas Jurusan 


1. Ubah hobi jadi profesi, kenapa tidak? 


Karakter Megan dari series Drake and Josh lagi mantengin komputer


Untuk arah magang sendiri, kamu tidak usah jauh-jauh dan bingung memilih posisi apa yang cocok. Kamu bisa memanfaatkan hobi kamu sebagai kemampuan untuk mendaftar magang. Misalnya, kamu punya hobi menulis atau me-review barang yang kamu beli di e-commerce ke Instagram, kamu bisa melamar magang ke posisi content writer ataupun social media content creator. 

Kalo aku belum tau minatku gimana ya? Kamu bisa cari tahu minat kamu dulu dengan memanfaatkan psikotes online seperti seperti Dreamtalent


 

Bekerja melenceng dari jurusan kuliah bukanlah hal yang buruk. Apalagi jika  kamu punya keterampilan dan keahlian di bidang yang kamu sukai.



2. Research, research, research!


Agar kamu lebih mengetahui tentang posisi serta jobdesc yang kamu lamar, kamu dapat melakukan research melalui media online melalui job portal, artikel, ataupun bertanya kepada orang-orang yang sudah lama bekerja di posisi tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menyelam di Linkedin dengan mencari orang-orang yang bekerja di posisi tersebut. Kamu bisa mulai cari dengan kata kunci misalnya “Human Resources” pada search bar dan setelah itu akan muncul orang-orang yang bekerja di bidang tersebut. Jangan malu untuk bertanya melalui direct message dan pakai bahasa yang sopan ya!


3. Good preparation is a must!


Karena latar belakangmu dan posisi yang kamu inginkan kemungkinan besar tidak berhubungan,  kamu harus siap-siap nih dengan berbagai pertanyaan! Pastikan kamu sudah siap dan dapat mengemukakan jawaban kamu dengan baik saat interview

Jawablah pertanyaan dengan yakin adalah kunci kesuksesan dari sebuah interview.

Selain siap dalam menjawab pertanyaan, jangan lupa untuk mempersiapkan portofolio kamu. Portofolio merupakan salah satu hal yang sering ditanya saat interview terutama saat user interview. 


4. Harus Berani Hadapi Tantangan


Karena kamu magang di luar ranah jurusan, tentu kedepannya kamu akan menemukan banyak tantangan baru yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Seperti penggunaan tools yang belum pernah kamu pakai sebelumnya hingga bergabung dengan proyek besar perusahaan. Ketika ketemu tantangan, jangan takut dulu! Tantangan inilah yang membantu kamu untuk berkembang

Ketika menghadapi tantangan, kamu jangan takut untuk bertanya kepada mentor ataupun ketua divisi, karena hal tersebut sudah menjadi bagian dari tugas mereka dan dengan berani bertanya, kamu bisa melakukan pekerjaan kamu dengan maksimal. 


Gimana nih? Udah Siap Magang?


Nah, bagaimana nih tips-tipsnya? Kira-kira kamu udah siap belum untuk magang lintas jurusan? Tapi sebelum mau nentuin posisi yang pas, kamu harus yakin dulu nih minat sama bakat kamu mengarah kemana. Tapi gimana ya, caranya?

Yuk ke Dreamtalent! Di sini, kamu bisa ngerjain psikotesnya untuk mengenali kepribadianmu, passion-mu, serta posisi magang dan karier selanjutnya yang paling cocok untukmu, biar makin siap buat magang lintas jurusan!