Blog

Mencari Lowongan Kerja? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan

Karier - 07 Jul 2022 by Annisa Novianty

Summary. Saat melihat lowongan kerja, job seeker harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum memutuskan melamar. Mengenali diri sendiri sangat penting untuk menentukan lowongan kerja yang cocok. Salah satu cara paling mudah adalah dengan mengikuti psikotes  yang dapat menunjukkan tipe kepribadianmu.

Expectations. Setelah membaca artikel ini, kamu dapat memahami hal-hal yang harus diperhatikan saat melihat lowongan kerja sehingga kamu dapat memilah dan memilih lowongan kerja yang ada. 

Job portal dengan lowongan kerja yang terpercaya dan terintegrasi akan memudahkan job seeker untuk menemukan lowongan kerja yang diinginkan

Apakah kamu seorang fresh graduate yang sedang mencari kerja? Atau kamu seorang job seeker? Kamu pasti akan melihat ribuan lowongan kerja di job portal. Nah, supaya tidak kewalahan, penting sekali memilih dan memilah lowongan kerja sebelum melamar. 

Di dalam sebuah lowongan kerja, hal-hal apa saja sih yang harus kamu perhatikan sebelum memasukkan lamaran kerja? Yuk, simak hal-hal berikut.

Job Description / Deskripsi Pekerjaan

Job description berisi hal-hal yang dikerjakan pada posisi tersebut. Kamu harus melihat apakah deskripsi dari pekerjaan selaras dengan title dari lowongan kerja yang dibuka. Sesuaikan diri dengan deskripsi pekerjaan yang akan dilamar. Jangan sampai kamu melamar pekerjaan dengan deskripsi kerja yang tidak kamu kuasai atau tidak dapat kamu lakukan. Pahami kapasitas diri kamu sendiri untuk memudahkan kamu menentukan lowongan kerja.

Qualification/Kualifikasi

Kualifikasi, atau di beberapa lowongan kerja disebut Requirements, juga harus kamu perhatikan. Apakah kamu memenuhi kualifikasi yang tertera dalam lowongan kerja tersebut? Sebagai contoh, perusahaan membutuhkan talent yang memiliki pengalaman minimal 5 tahun. Lowongan kerja tersebut adalah untuk experienced hire yang ditujukan untuk orang yang sudah berpengalaman bukan untuk seseorang dengan minim pengalaman atau fresh graduate. Cermati seluruh kualifikasi yang ada dan cocokkan dengan diri kamu. Apakah kamu memenuhi seluruh kriteria yang disebutkan?

Apabila dalam suatu lowongan kerja kamu memenuhi seluruh kualifikasi yang disebutkan, belum berarti kamu pasti diterima. Kualifikasi pelamar hanyalah syarat minimal untuk mendaftar lowongan kerja tersebut. Namun, ini menjadi kesempatan kamu untuk melamar, kemudian mempersiapkan diri untuk tahap interview. Persiapkan diri sebaik mungkin demi hasil terbaik dalam proses pencarian kerja.

Kredibilitas Perusahaan

Setelah melihat dua hal di atas dan kamu merasa memenuhi seluruh kriteria yang disebutkan, kamu harus mencari tahu mengenai kredibilitas perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut. Apakah perusahaan tersebut benar-benar ada dan membuka lowongan kerja. Jangan sampai perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut adalah perusahaan fiktif.

Bagaimana cara mengecek kredibilitas perusahaan? Cara yang pertama adalah melihat website perusahaan. Website resmi perusahaan yang kredibel tidak akan menggunakan website gratis seperti wordpress atau blogspot. Email perusahaan juga biasanya menggunakan nama perusahaan, tidak dengan nama pribadi. bahkan  HR akan menggunakan email dengan domain perusahaan.

Yang kedua adalah alamat perusahaan. Kamu bisa mengeceknya lewat Google Maps apakah lokasi perusahaan sesuai dengan yang tertera di website perusahaan. Kemudian, pastikan perusahaan memiliki company profile dan  contact perusahaan bukan merupakan nomor ponsel pribadi. Dalam pencarian lowongan kerja, sebaiknya kamu menggunakan job portal untuk menghindari perusahaan-perusahaan yang tidak kredibel.

Saat melihat lowongan kerja, memahami nilai perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk menyesuaikan budaya perusahaan dengan budaya kerja kamu.

Company Profile / Profil Perusahaan

Ada pepatah mengatakan, “tak kenal maka tak sayang.” Sebelum apply ke suatu perusahaan, kamu harus lihat dulu profil perusahaannya. Dari deskripsi umum perusahaan, nilai perusahaan, dan visi misi perusahaan. Apakah perusahaan tersebut cocok untuk kamu. Salah satunya adalah budaya perusahaan. Hal tersebut sangat penting untuk kamu perhatikan. 

Budaya perusahaan secara umum terbagi atas community, innovators, champions, dan systematic. Kenali diri kamu terlebih dahulu kemudian temukan pekerjaan dan budaya perusahaan yang cocok untuk kamu. Perusahaan akan menjadi rumah kedua, tempat kamu berkembang untuk menggapai karir kamu. Oleh karena itu, kamu pasti gak mau dong salah pilih perusahaan. 

Dengan memahami diri sendiri, penemuan lowongan kerja yang cocok akan lebih mudah.

​​Lalu, Bagaimana Cara menemukan Lowongan Kerja yang Cocok?

Selain memperhatikan empat hal tersebut, dalam proses pencarian kerja, hal yang cukup penting adalah mengenal dirimu. Dengan mengenal dan memahami diri sendiri, kamu akan dengan mudah menemukan lowongan kerja yang cocok. 

 

Cara paling mudah untuk mengenali diri kamu adalah dengan mengikuti psikotes. Kamu dapat mengetahui budaya kerja dan kepribadianmu sehingga akan lebih mudah untuk menentukan budaya perusahaan yang sesuai dengan kamu.


Psikotes online seperti Dreamtalent dapat membantu memetakan kepribadian dan interest kamu. Memilah dan memilih lowongan kerja juga akan lebih mudah apabila kamu menggunakan website job portal yang tepat. Yuk, kenali dan pahami diri kamu terlebih dahulu sebelum melamar kerja!

Related Blog

Annisa Novianty - 20 Sep 2022
Annisa Novianty - 30 Sep 2022
Yehezkiel Faoma Taslim - 10 Dec 2019