Summary: Memahami kepribadian dan kesadaran karyawan dalam menghadapi tugas-tugasnya adalah hal yang penting bagi HR agar bisa memilih kandidat yang tepat untuk perusahaan.
Expectation: Setelah membaca artikel ini, Anda sebagai HR bisa lebih memahami kepribadian dan kesadaran pada karyawan dan kandidat agar Anda bisa lebih tepat memposisikan karyawan dan juga memenuhi kebutuhan perusahaan pada karyawan.
Sebagai HR, penting bagi Anda untuk memahami apa saja yang diperlukan dan dibutuhkan oleh perusahaan dalam diri seorang karyawan. Menggunakan tes psikometri termasuk hal yang bisa mempermudah proses rekrutmen yang Anda lakukan dalam melihat kemampuan dan kepribadian yang dimiliki oleh kandidat atau bahkan karyawan di perusahaan Anda.
Ada lima faktor utama yang membedakan kepribadian setiap orang, yaitu Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan juga Neuroticism. Setelah membahas mengenai Openness atau keterbukaan terhadap pengalaman baru pada seorang karyawan atau kandidat, kali ini kita akan membahas salah satu faktor lain yaitu conscientiousness atau yang biasa disebut juga sebagai kesadaraan.
Masing-masing faktor kepribadian tersebut tentunya memiliki artian dan juga sifat yang berbeda pada setiap orang. Untuk itu, Anda sebagai HR perlu mengetahui masing-masing kepribadian tersebut secara mendalam, dan pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai conscientiousness atau kesadaran.
Memahami Conscientiousness dalam Personality Big Five
Kesadaran dalam konteks personality pada big five adalah kesadaran yang dimiliki oleh seseorang untuk menjadi terorganisir, bertanggung jawab, teratur, disiplin, dan terarah dalam hidup pekerjaan mereka. Seseorang dengan tingkat kesadaran yang tinggi umumnya memiliki beberapa sifat sebagai ciri-ciri mereka, yaitu:
-
Ketelitian
Seseorang yang memiliki tingkat kesadaran yang tinggi biasanya akan lebih memperhatikan detail-detail yang ada dalam suatu hal dan akan melakukan pekerjaan dengan lebih tepat dan akurat
-
Keteraturan
Seseorang dengan tingkat kesadaran yang tinggi juga biasanya akan lebih disiplin dalam waktu dan dan mengikuti jadwal, melakukan tugas-tugas secara tepat waktu, dan juga memiliki pola hidup yang lebih teratur.
-
Tanggung Jawab
Tentunya seseorang dengan conscientiousness juga akan lebih bertanggung jawab terhadap tugas. dan komitmen yang telah mereka miliki. Juga akan sangat menghormati dan menghargai janji yang sebelumnya telah mereka buat.
-
Ambisi
Tingkat kesadaran yang tinggi juga akan membuat seorang karyawan memiliki dorongan yang lebih untuk mencapai tujuan yang mereka miliki dengan lebih fokus
-
Disiplin
Tentunya, seorang karyawan dengan tingkat kesadaran yang tinggi akan menjadi seorang yang disiplin dan lebih bisa mengatur diri sendiri dalam mengatur dan melakukan tugas-tugas yang mereka miliki.
Apa Hubungan dan Pentingnya Conscientiousness pada Perusahaan?
Sebagai HR, tentu Anda harus bisa memahami kepentingan apa yang ada pada seorang kandidat pada masa rekrutmen yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda, begitu juga dengan yang dimiliki oleh karyawan yang sudah ada di perusahaan Anda.
Karena itu, sifat-sifat dan kepribadian yang dimiliki oleh seseorang dengan conscientiousness atau tingkat kesadaran yang tinggi bisa Anda jadikan sebagai acuan dan pertimbangan dalam memilih karyawan untuk perusahaan Anda. Beberapa hal penting yang ada pada conscientiousness yang sekiranya dibutuhkan dan bisa dipergunakan untuk perusahaan Anda adalah:
-
Meningkatnya Produktivitas
Karyawan dengan tingkat kesadaran yang tinggi umumnya akan menunjukkan kinerja yang disiplin dan konsisten. Mereka juga memiliki kemampuan untuk bekerja dengan ketelitian agar menghindari kesalahan dan bisa mendapatkan hasil kerja yang maksimal dengan kualitas tinggi. Hal ini tentu dapat meningkatkan produktivitas secara keseluruhan dalam perusahaan Anda.
-
Tanggung Jawab yang Tinggi
Conscientiousness atau tingkat kesadaran pada seseorang biasanya akan dikaitkan dengan sikap bertanggung jawab. Karyawan yang memiliki tingkat kesadaran yang tinggi pastinya akan lebih menghormati dan menepati janji dan juga tanggung jawab yang mereka miliki dan diberikan.
Karena itu, memilih kandidat dan memiliki karyawan dengan kesadaran yang tinggi akan mengurangi kesalahan yang memungkinkan terjadi dan bisa meningkatkan kinerja karyawan karena mereka akan memenuhi tanggung jawab mereka.
-
Membangun Reputasi Kantor
Memiliki karyawan dengan tingkat kesadaran yang tinggi juga bisa membangun dan meningkatkan reputasi kantor. Seseorang dengan conscientiousness yang tinggi akan mencerminkan nilai-nilai perusahaan seperti kejujuran, integritas, dan juga kualitas. Mereka tentunya akan menjadi aset yang baik dalam membangun dan meningkatkan reputasi perusahaan yang kuat karena dedikasi dan kinerja mereka terhadap tugas dan tanggung jawab yang mereka miliki.
Tanggung Jawab yang Utama
Sebagai HR, penting untuk Anda mengetahui apa dan bagaimana kepribadian yang dimiliki oleh karyawan maupun kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda. Salah satunya adalah karyawan yang memiliki tanggung jawab terhadap tugas dan karyawannya, karena itu Anda harus bisa mengetahui karyawan dan kandidat mana yang memiliki tingkat kesadaran yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda.
Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa melakukan psikometri assessment untuk lebih memahami kepribadian yang dimiliki karyawan Anda. Anda bisa mendapatkan psikometri assessment dari platform yang khusus dan menyediakan psikometri assessment tersebut seperti Dreamtalent.
Dengan memahami kepribadian yang ada pada karyawan Anda, Anda juga bisa lebih tepat dalam memposisikan posisi mereka pada perusahaan dan kebutuhan perusahaan pun bisa lebih efektif dan terpenuhi.