Blog

Welcome to the OCEAN: Kepribadian dari 5 Faktor

- 01 Apr 2019 by System

Pernahkah kamu melihat ke dalam cermin dan berpikir, “siapa diriku?” Mungkin seorang mahasiswa, guru, atau akuntan. Bukan, lebih dalam lagi. Apakah perasaanmu lebih kuat dibanding orang lain? Apa kamu lebih senang ramai-ramai atau sendirian di balik selimut? Lebih memilih estetika atau realita?


Siapa aku?


Itu adalah pertanyaan yang besar. Kepribadian memang sebuah topik yang sulit dipahami. Dari filosofi Yunani Kuno hingga perdebatan tentang identitas jaman ini, kita selalu kesulitan untuk memahami diri sendiri.

Really makes you think: the thinker statue with the thinking emoji

Really makes you think

Pertanyaan sebesar ini membutuhkan jawaban yang besar, dan kami punya bukan hanya satu, tapi lima jawaban untuk kamu.

Big Five

Sains akhirnya punya jawaban untuk kepribadian, dan namanya adalah Big Five personality model, a.k.a. model kepribadian OCEAN. Ini adalah ilmu di balik psychometric quiz dan game Dreamtalent, hanya dibuat lebih tajam, lebih mantap, lebih sedap, dan tentunya lebih seru.

Kita bisa menjelaskan apa yang membuatmu menjadi kamu dengan menganalisis psikologimu dari lima faktor kepribadian.

Keterbukaan

Apa kamu suka mencoba hal-hal baru - makanan, aktivitas, atau yang aneh-aneh? Atau mungkin kamu lebih nyaman dengan yang rutin dan terbiasa? Jawabanmu akan bergantung pada trait keterbukaan.

Trait inilah yang menentukan rasa ingin tahumu, baik secara intelek - belajar konsep baru dan menerima prinsip yang berbeda - dan secara abstrak - imajinasi dan menghargai seni dan emosi.

Sifat ganda ini sempat membuat ilmuwan labil sehingga trait ini terkadang disebut openness/intellect. Lihat saja 6 facet di bawah trait ini, mungkin bisa terlihat lebih jelas mengapa.

  1. Fantasi
  2. Estetika
  3. Perasaan
  4. Ide
  5. Penjelajahan
  6. Prinsip

Ketekunan

Ini adalah trait yang membuatmu berpikir sebelum bertindak, menghormati tanggung jawabmu, dan menjaga kebersihan kamarmu. Trait ini juga alasan mengapa beberapa orang menyembunyikan masalah di bawah karpet, secara ibarat dan harfiah.

Dari Big Five, kami memilih untuk menamakan trait ini ketekunan untuk lebih baik mencerminkan kualitas sadar diri, bertanggung jawab, teliti, dan produktif secara keseluruhan.

  1. Kegigihan
  2. Kesetiaan
  3. Kompetensi
  4. Keteraturan
  5. Kewaspadaan
  6. Ambisi

Ekstraversi

Debat ini lagi. Apakah “introvert” berarti pemalu? Apakah semua “ekstrovert” tidak bisa berhenti bersosialisasi? Belum tentu! Sebenarnya, ekstraversi adalah bagaimana interaksi sosial mempengaruhi energimu. Orang yang ekstrovert menyerap energi, sementara orang yang introvert terserap energinya.

Ekstraversi juga adalah sebuah spektrum, dan kita berada di suatu tempat di tengah-tengah. Ini artinya kita semua punya memiliki sifat ekstrovert dan introvert, perbedaannya hanya sisi mana yang cenderung lebih dekat. Tidak ada yang namanya murni ekstrovert atau introvert, setidaknya bagi orang-orang normal seperti kita.

Dan iya, orang yang cenderung introvert bisa jadi cerewet dan orang yang cenderung extrovert bisa jadi pendiam.

  1. Kebersamaan
  2. Aktivitas
  3. Ketegasan
  4. Sensasi
  5. Keceriaan
  6. Keramahan

Kerjasama

Bantu diri sendiri atau orang lain? Simpan atau berbagi? Kompetisi atau kerjasama? Trait ini menjelaskan persepsi kamu tentang bekerja dengan orang lain: mempercayakan dan membantu sesama, atau bersaing untuk menang.

Dari 6 facetnya, kerjasama terlihat seperti trait seorang malaikat. Walaupun itu bisa saja benar, ujung lain dari spektrum ini bukan berarti jahat! Nilai yang rendah hanya berarti lebih asertif and objektif, karakteristik yang tentunya dibutuhkan dari waktu ke waktu.

Kecuali, jika kerjasama mencapai nilai yang terlalu rendah, mungkin ada hal yang perlu dikhawatirkan. Tapi tentunya tidak ada dari kita yang psikopat di sini!

  1. Ketulusan Hati
  2. Kepercayaan
  3. Altruisme
  4. Kerendahan Hati
  5. Empati
  6. Keturutan

Suasana Hati

Kita semua merasa sedih, khawatir, atau takut dari waktu ke waktu. Hidup memang sulit, tapi yang penting adalah untuk tetap maju walaupun banyak cobaan. Suasana hati adalah trait yang mendefinisikan keteguhan mental dan emosional melawan stres, kegelisahan, dan perasaan negatif umumnya.

Rocky Balboa speaking to his son when he doubted that his father would lose to Mason Dixon

Kami memilih untuk menamai trait ini suasana hati karena ini bukanlah penyakit, melainkan hanya kebutuhan lebih untuk kasih sayang. Semua orang terkadang merasa sedih, dan yang penting adalah berdiri lagi dengan pikiran yang positif.

  1. Ketenteraman Diri
  2. Kepercayaan Diri
  3. Semangat
  4. Keteguhan
  5. Kontrol Diri
  6. Temperamen

Apa yang spesial dengan OCEAN?

Selain menjadi framework psychometric yang paling valid, terpercaya, prediktif, diterima dan dipakai oleh dunia penelitian dan profesional? Dan bahwa Dreamtalent memperbaruinya lagi menjadi lebih dalam, lebih pribadi, dan tidak membosankan?

Angkanya.

Kalau kamu menghitung, ada 6 facet di bawah setiap 5 trait, menjadi total 30 spektrum psychometric yang bisa diukur. Bayangkan kalau setiap spektrum hanya punya 2 bagian: tinggi dan rendah. Artinya ada 900 tipe kepribadian.

Sekarang, bayangkan jika setiap spektrum ada 4 bagian: sangat tinggi, tinggi, rendah, sangat rendah. Itu artinya 810,000 kepribadian. Dengan 10 bagian, ada lebih dari 590 triliun. 14 angka nol di belakangnya.

Kenyataannya, ada jauh lebih banyak ukuran dalam satu spektrum. Kalkulator saja tidak kuat menghitung mencapai 100 bagian. Intinya, tidak ada batas jumlah kepribadian yang bisa diukur oleh framework psychometric ini.


Ada jumlah kepribadian yang tak terhitung di dunia ini, dan OCEAN didesain untuk menyatakan keunikan dalam kamu.


Kita semua unik karena kepribadian kita unik. Dengan lebih dari 7.5 milyar orang di planet ini, tidak cukup untuk hanya membagi orang dalam selusin archetype. Kamu spesial, dan kami mengerti! Inilah mengapa Dreamtalent hanya menggunakan sains yang bisa memahami seberapa spesialnya kamu.

Tapi cukup tentang sains. Saatnya bicara tentang kamu. Siapa dirimu?