[Psychometrics Series] Interest: Pahami Perbedaan Tipe Minat Di Kuadran Kompleks Dan Non Kompleks
Psychometrics | 16 Jun 2023 | By Dreamtalent Blog Writer
[Psychometrics Series] Interest: Pahami Perbedaan Tipe Minat Di Kuadran Kompleks Dan Non Kompleks

Summary: Banyak aspek yang bisa diukur dari psikometri assessment saat rekrutmen, salah satunya adalah melihat tipe minat dalam kuadran minat kompleks dan non kompleks.

Expectation: Setelah membaca artikel ini, Anda sebagai HR akan bisa lebih memahami perbedaan pada tipe minat di kuadran kompleks dan juga non kompleks yang biasa diukur dalam sebuah psikometri assessment test.

 

Dalam proses rekrutmen, adanya psikometri assessment test pada kandidat tentu akan sangat mempermudah Anda sebagai HR dalam memilih kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda. Susunan resume atau CV yang bagus dan dan lengkap memang menarik, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa adanya unsur melebih-lebihkan dalam resume tersebut. 

Pada dasarnya, Anda tidak mampu menjadi 100% yakin jika antusiasme dan keinginan kandidat yang ditunjukkan saat interview itu asli atau hanya pura-pura. Karena itu, Anda membutuhkan assessment untuk dijadikan bahan acuan tentang bagaimana kepribadian dan keinginan kandidat itu sendiri. 

Dengan melakukan psikometri assessment ada 5 matriks yang setidaknya bisa dicari tahu dan diukur. Beberapa matriks itu adalah Drive, Interest, Personality, Strength, dan Intelligence. Di mana kita akan membahas matriks Interest atau minat pada artikel ini. 

 

Apa yang Dimaksud dengan Minat?

 

Kuadran Minat terbagi menjadi 3 bagian yaitu atas ( kompleks ), bawah ( non kompleks ), dan tengah ( dasar ). Gambar ini menunjukkan bentuk dari kuadran tersebut yang bisa diukur oleh HR melalui assessment test dalam masa rekrutmen untuk para kandidat

Interest atau yang biasa kita sebut sebagai minat adalah salah satu matriks yang bisa kita ukur dari adanya assessment. Sebuah Interest adalah sebuah pekerjaan yang memicu rasa ingin tahu seorang individu dan ingin terus belajar. Karena itu, seseorang yang tertarik dengan apa yang dia lakukan tentunya akan memiliki rasa ingin untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja pada pekerjaannya. 

Di sisi lain, seseorang yang tidak tertarik dengan pekerjaannya biasanya akan memiliki performa yang rendah dan rasa tidak ingin tahu. Penting sekali bagi kita sebagai HR untuk mengetahui kandidat mana yang memang jelas tertarik dengan pekerjaan yang akan mereka dapatkan dengan yang tidak agar bisa mendapatkan performa yang terbaik nantinya.

Pada Kuadran minat, ada setidaknya 3 bagian yang bisa kita ukur yaitu atas (kompleks), bawah (non kompleks), dan juga tengah (dasar). Seperti namanya, kompleks dan non kompleks menilai tingkat kesulitan pekerjaan mana yang seseorang minati? 

 

Kuadran Minat Kompleks

 

Kuadran Minat terbagi menjadi 3 bagian yaitu atas ( kompleks ), bawah ( non kompleks ), dan tengah ( dasar ). Gambar ini menunjukkan bentuk dari kuadran minat kompleks yang bisa diukur oleh HR melalui assessment test dalam masa rekrutmen untuk para kandidat

 

Seperti namanya, dalam kuadran minat kompleks ini akan mengukur apakah seseorang menikmati pekerjaan yang bisa dianggap rumit atau tidak, dimana pada kompleks ini hasilnya ialah orang-orang yang menyukai pekerjaan yang rumit. Dalam kuadran minat ini pun, dibagi lagi menjadi 4 bagian, People, Ideas, Things, dan Data. Aspek-aspek ini yang membagi jenis pekerjaan kompleks ke beberapa jenis. 

4 Jenis pekerjaan yang ada dalam kuadran minat kompleks ialah, 

  1. Financial Analysis

Jenis pekerjaan ini biasanya adalah pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan seperti riset keuangan, akuntan, juga konsultan keuangan.

 

  1. Medical & Behavioral

Jenis-jenis pekerjaan ini biasanya adalah pekerjaan yang berhubungan dengan medikal dan juga psikologis, biasanya dokter, tenaga kesehatan, psikolog atau psikiater.

  1. Business Systems

Jenis-jenis pekerjaan ini biasanya adalah pekerjaan yang mengaplikasikan sistem kepada bisnis dan juga sistem dalam bagian keuangannya. 

  1. Science

Jenis-jenis pekerjaan ini biasanya adalah pekerjaan yang berhubungan dengan sains seperti biologi, kimia, dan fisika. Misalnya biologis, ilmuwan, dan peneliti.

 

Kuadran Minat Non Kompleks

 

Kuadran Minat terbagi menjadi 3 bagian yaitu atas ( kompleks ), bawah ( non kompleks ), dan tengah ( dasar ). Gambar ini menunjukkan bentuk dari kuadran minat non kompleks yang bisa diukur oleh HR melalui assessment test dalam masa rekrutmen untuk para kandidat

 

Tidak jauh berbeda seperti kompleks, kuadran minat non kompleks juga akan mengukur tingkat kerumitan seseorang. Namun berbeda dengan kompleks, non kompleks justru adalah hasil dari minat seseorang yang tidak menyukai pekerjaan yang sulit atau cenderung mudah. Dalam kuadran minat ini juga kemudian dibagi lagi menjadi 4 aspek yaitu People, Ideas, Things, dan Data. 

Jenis pekerjaan yang ada dalam kuadran minat non kompleks ialah, 

  1. Basic Service

Jenis-jenis pekerjaan ini biasanya adalah pekerjaan yang berhubungan dengan menjual, menyapa, dan juga membantu. Seperti kasir, dan juga SPG.

  1. Personal Service

Jenis-jenis pekerjaan ini biasanya adalah pekerjaan yang berhubungan dengan melayani orang lain, seperti pelayan pada restoran.

  1. Quality Control

Jenis-jenis pekerjaan ini biasanya adalah pekerjaan yang berhubungan memeriksa kualitas produk dan juga servis.

  1. Construction & Repair

Jenis-jenis pekerjaan ini biasanya adalah pekerjaan yang berhubungan membangun atau memperbaiki bangunan.

 

Kompleks dan Non Kompleks, Apa Perbedaannya?

Seperti yang sudah disebutkan, perbedaan dari kuadran minat kompleks dan non kompleks cukup jelas. Yaitu bagaimana seseorang memiliki minat dalam pekerjaan yang sulit dan menantang, atau pekerjaan yang cenderung mudah. 

Contohnya dalam kuadran aspek seperti People-Ideas, ada Medical & Behavioral dan juga Personal Service. Pada 2 jenis pekerjaan tersebut, bisakah kalian menilai mana yang termasuk bagian dari kuadran minat kompleks dan mana yang termasuk bagian dari kuadran minat non kompleks?

Benar, medical & behavioral tentunya masuk ke dalam bagian kuadran minat kompleks, karena tentunya pekerjaan yang berkaitan dengan medikal akan lebih rumit, menantang, dan juga lebih memiliki tanggung jawab yang besar. Tentu Personal Service juga memiliki tanggung jawab tersendiri, namun tentu saja tingkat kerumitan dan juga tantangan yang didapat akan berbeda dari Medical & Behavioral.

 

Menilai Minat Seseorang

“Tidak bisakah kita menilai minat seorang kandidat cukup dari interview yang dilakukan? Bukankah kita akan melihat dari body language mereka nantinya?”

Tentu saja melihat secara langsung bisa menjadi acuan kita dalam melihat apakah seorang kandidat benar-benar antusias dan menyukai pekerjaan yang akan mereka dapatkan. Namun dengan melakukan psikometri assessment test, Anda sudah bisa mendapatkan gambaran dasar mengenai apa hal yang sebenarnya diminati dan disukai oleh kandidat tersebut. 

“Apakah perusahaan boleh membuat assessment yang akan mengukur minat seorang kandidat sendiri?”

Dalam membuat psikometri assessment, perusahaan akan membutuhkan biaya dan waktu yang cukup besar dan panjang. Karena itu, pilihan yang terbaik adalah menyerahkan urusan psikometri assessment kepada ahlinya. Karena assessment yang dibuat dengan salah dapat mengandung hasil yang buruk dan diskriminasi walaupun tanpa sengaja.

 

Platform assessment yang khusus seperti Dreamtalent telah mengembangkan assessment spesifik untuk rekrutmen, mapping, dan job forecasting berdasarkan model Big Five yang telah diakui secara ilmiah. Bertahun-tahun penelitian dan pengujian sudah dilakukan oleh kami, jadi perusahaan dapat menerima manfaatnya dari assessment yang dibangun oleh tim psikologi ahli tanpa harus membuatnya dari nol. Dengan mengukur kepribadian, inteligensi, dan nilai-nilai pribadi kandidat dengan akurat, assessment seperti Dreamtalent sangat berperan besar dalam membantu perusahaan merekrut talent yang tepat untuk posisi yang tepat.