Employee Recognition: Tingkatkan Produktivitas Hingga 14%
Tempat Kerja | 20 Jul 2023 | By Dreamtalent Blog Writer
Employee Recognition: Tingkatkan Produktivitas Hingga 14%

Summary: Penting bagi sebuah perusahaan untuk menerapkan employee recognition dalam budaya kerja mereka. Pengakuan khusus membantu karyawan Anda memahami bagaimana upaya berkontribusi pada tujuan perusahaan secara keseluruhan. Sebagai HR, Anda bisa mencoba untuk menyusun program recognition untuk tempat kerja Anda.

 

Expectations: Setelah membaca artikel ini, Anda akan memahami pengertian, manfaat, jenis, dan cara menerapkan employee recognition di perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga diharapkan dapat mengerti akan pentingnya employee recognition bagi perkembangan sebuah perusahaan.

 

Persaingan dalam dunia kerja sangat keras dan ketat. Setiap perusahaan menuntut karyawannya untuk selalu meningkatkan kualitas diri sehingga berkompetisi dengan rekan kerja satu sama lain pun merupakan hal yang wajar.

 

Tekanan kerja yang tinggi akan mempengaruhi performa kerja karyawan dan tentunya itu akan berdampak pada perkembangan perusahaan itu sendiri.

 

66% karyawan memilih untuk resign dari kantor mereka karena merasa tidak diapresiasi oleh perusahaan.” - Forbes

 

Maka dari itu, sebagai HR Anda harus bisa menciptakan budaya kerja yang sehat, Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dengan menerapkan program employee recognition pada perusahaan tempat Anda bekerja.

 

Apa Itu Employee Recognition?

Employee recognition merupakan sebuah ekspresi untuk menunjukan rasa terima kasih kepada karyawan atas kontribusi yang mereka berikan ke perusahaan.

 

Selain itu, employee recognition tidak hanya terpaku pada pencapaian goals atau target tertentu saja, tetapi juga perilaku dan sikap yang mendukung keberhasilan perusahaan.

 

Apa Saja Bentuk Apresiasi Yang Bisa Diberikan?

Banyak orang yang beranggapan bahwa yang bisa memberikan apresiasi, pengakuan, dan penghargaan hanya manajer atau atasan saja. Itu pun biasanya dilakukan kalau terjadi suatu hal yang besar saja, yaitu ketika mencapai suatu target kerja contohnya.

 

Padahal Anda bisa memulai untuk memberikan apresiasi pada hal sederhana yang dilakukan oleh rekan kerja Anda. Jadi, poinnya adalah saling mengapresiasi satu sama lain, entah itu yang jabatannya lebih rendah, setara, atau lebih tinggi.

 

Mengapa Employee Recognition Sangat Penting?

Kepuasan Kerja

Ketika usaha karyawan diakui, karyawan akan sadar bahwa usahanya memberikan dampak atau perubahan yang baik untuk perusahaan. Hal itu merupakan sebuah pencapaian dan hal yang berarti sehingga karyawan benar-benar merasa menjadi bagian dari komunitas tersebut.

 

Meningkatkan Motivasi Karyawan

Siapa pun pasti setuju kalau kerja keras kita ingin diakui dan dihargai bukan? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika karyawan lebih puas dengan perusahaannya, karyawan akan lebih produktif dan lebih kecil kemungkinannya untuk keluar. Selain itu, mengakui dan mendukung karyawan dapat meningkatkan motivasi dan meningkatkan kinerja di seluruh perusahaan.

 

Meningkatkan Perkembangan Perusahaan

Perusahaan yang cerdas menggunakan employee recognition untuk memberi dukungan kepada karyawan yang menghasilkan kinerja sehingga mempengaruhi keuntungan perusahaan. Program recognition yang tepat dapat menyelaraskan tim Anda dengan nilai-nilai dan perilaku inti perusahaan. Hal ini dapat memberikan dampak yang menguntungkan bagi bisnis atau perusahaan Anda. 

 

Sebuah studi Bersin menemukan bahwa perusahaan dengan penerapan program recognition yang paling unggul memiliki kemungkinan 12 kali lebih besar untuk memiliki hasil bisnis yang kuat.

 

Memperkuat Loyalitas Dan Kepercayaan Karyawan dan Pelanggan

Meningkatnya kepuasan karyawan tidak hanya akan memperkuat loyalitas dan kepercayaan karyawan saja, melainkan juga pelanggan. Apresiasi yang Anda berikan kepada karyawan, akan memunculkan rasa kebersamaan dan rasa terlibat. 

 

Lalu, karyawan akan cenderung mencoba untuk semakin berkembang dan menunjukan keahlian yang dimiliki. Dengan begitu, karyawan akan memberikan pelayanan yang baik sehingga perusahaan memiliki citra yang positif di mata para pelanggan.

 

6 Jenis-Jenis Employee Recognition

Namun, apakah cara mengapresiasi hasil kerja karyawan hanya berupa pemberian gaji semata? Berikut ini ada 6 jenis employee recognition yang tentunya dapat meningkatkan semangat kerja karyawan, yaitu:

 

1. Monetary Recognition

Anda dapat memberikan apresiasi berupa pemberian bonus, small gift, makan siang bersama atau acara team building kepada seorang karyawan atau suatu tim, ketika karyawan berhasil mencapai suatu target. Hal ini akan menunjukan bahwa yang mereka lakukan sangat bernilai di mata perusahaan.

 

2. Written Praise

Studi yang diterbitkan di jurnal Psychological Science menunjukan bahwa seseorang yang menulis ataupun menerima thank you note merasakan emosi yang lebih positif. Selain itu, Amit Kumar pun menyarankan untuk menulis dan mengirim thank you letter lebih sering.

 

Jadi, Anda bisa memberikan pujian tertulis seperti thank you letter kepada karyawan Anda. Terlebih lagi caranya mudah untuk dilakukan. Anda bisa menulisnya pada sticky note atau email. Anda hanya perlu menyusun kata-kata yang lugas dan meyakinkan karyawan bahwa kontribusi yang mereka lakukan sangat berdampak bagi perkembangan perusahaan. 

 

3. Verbal Praise

Sekedar mengucapkan terima kasih saat menyerahkan atau menyelesaikan tugas juga merupakan salah satu penghargaan kecil yang harus diapresiasi. Rekan kerja atau atasan pun dapat memberikan pujian secara langsung di depan umum atau pun pada pertemuan empat mata.

 

4. Formal Recognition

Biasanya pengakuan formal memiliki jadwal khusus atau terstruktur, jadi sudah disusun terlebih dahulu. Misalnya, memberikan penghargaan karyawan terbaik pada bulan atau tahun ini.

 

5. Informal Recognition

Pengakuan informal dapat terjadi kapan saja dan berasal dari individu manapun. Contohnya seperti seorang rekan kerja yang memberikan ucapan terima kasih melalui chat atau seorang manajer yang membuat pengumuman dalam sebuah rapat. Biasanya sering dilakukan tepat setelah proyek selesai atau tujuan tercapai.

 

6. Peer-to-peer Recognition

Pengakuan dari rekan kerja sangatlah penting karena akan membuat karyawan ingin menjalin dan mempertahankan hubungan yang baik dengan rekan kerjanya.



Dear HR, Terapkan Program Recognition Di Perusahaan Anda Sekarang!

Tenang, tak usah bingung! Sebagai HR, Anda bisa menggunakan metode C.O.I.N atau dengan memberikan feedback positif untuk memulai program recognition di tempat Anda bekerja.

 

Context (Konteks)

Diskusikan dengan tim Anda dan ajukan pertanyaan, seperti masalah apa yang ingin Anda selesaikan? Apakah tujuannya untuk meningkatkan employee engagement?

 

Lalu, identifikasi juga kebiasaan, perilaku, pencapaian, milestone yang ingin Anda akui. Jangan lupa berikan referensi atau acuan untuk memberikan feedback positif seperti contoh perilaku yang ingin Anda beri apresiasi.

 

Observation (Observasi)

Jelaskan secara detail perilaku, keterampilan, atau pencapaian yang ingin Anda puji. Jangan hanya puji dengan “good job!” saja, tapi Anda bisa menyebutkan hal-hal yang menurut Anda patut untuk diapresiasi.

 

Impact (Dampak)

Cobalah bantu rekan kerja Anda memahami mengapa Anda mengomentari perilaku tersebut dengan menjelaskan dampaknya terhadap Anda, tim, atau bahkan perusahaan.

 

Next (Selanjutnya)

Setelah Anda berhasil memberikan feedback, jangan lupa untuk menawarkan beberapa saran atau memberikan semangat tentang apa yang dapat mereka lakukan kedepannya.

 

Kita semua pasti senang jika mendapatkan apresiasi dan pengakuan dari kerja keras kita, bukan? Menerapkan program recognition employee yang tepat akan membuat tim Anda lebih hebat sehingga menjadikan perusahaan Anda tempat kerja yang nyaman sekaligus bisnis pun berkembang semakin pesat.

 

Namun, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengekspresikan rasa terima kasih atau memberikan dan menerima apresiasi kepada satu sama lain. Lalu, bagaimana bentuk apresiasi yang paling cocok untuk setiap karyawan Anda?


Anda dapat mengenal lebih dalam lagi kepribadian karyawan Anda  menggunakan psikotes yang tersedia di Dreamtalent. Dengan mengikuti psikotes, Anda dapat mengetahui kepribadian dan mengukur motivasi kerja karyawan sehingga sebagai HR Anda bisa mengapresiasi seluruh karyawan Anda dengan cara yang tepat berdasarkan kepribadian yang dimiliki.