Blog

Employee Engagement: Emang Penting?

Tempat Kerja - 14 Oct 2022 by Nabila Bila

Summary. Seorang human resource (HR), Anda perlu mengetahui employee engagement untuk diterapkan pada lingkungan perusahaan, karena ada banyak manfaat untuk perkembangan bisnis itu sendiri. Namun perlu dipelajari lebih dulu tentang bagaimana cara meningkatkan employee engagement agar Anda dapat lebih mudah untuk membuat struktur penerapan employee engagement.

Expectations. Setelah membaca ini, diharapkan Anda dapat memahami pentingnya menerapkan employee engagement untuk perkembangan perusahaan.



Sebagai seorang HR atau pemimpin perusahaan, wajib mengetahui konsep dasar dari sumber daya manusia itu sendiri atau employee engagement, karena seorang pekerja yang dihargai kontribusinya akan memberikan dampak yang lebih lagi untuk perkembangan sebuah perusahaan.

Seperti profitabilitas, pendapatan, pengalaman pelanggan, pergantian karyawan yang lebih profesional, dan masih banyak lagi. Ada banyak informasi tentang cara meningkatkan employee engagement yang kredibel, dan pastinya para pemimpin perusahaan atau HR sudah pernah mendengar hal ini.

Akan tetapi masih belum memahami employee engagement secara mendalam, maka dari itu untuk benar-benar mendorong employee engagement di perusahaan Anda menjadi lebih baik, pertama wajib memahami dari konsep dasar employee engagement itu sendiri.

Apa itu employee engagement?

Employee engagement merupakan pendekatan ditempat kerja antar karyawan dan atasan guna membangun budaya organisasi yang positif, diantaranya melibatkan karyawan dengan mulai membangun komunikasi dua arah.

 

Karena karyawan yang merasa terlibat akan menjadi lebih produktif, dan menunjukkan komitmen yang lebih besar terhadap nilai serta tujuan perusahaan.

 

Anda dapat mendorong employee engagement dengan banyak cara, diantaranya mengkomunikasikan ekspektasi dengan jelas, memberikan penghargaan, dan promosi untuk pekerjaan yang lebih baik, feedback secara teratur, serta mendengarkan dan memahami karyawan agar mereka merasa dihargai dan dihormati.

 

Komunikasi adalah bagian penting dalam menciptakan dan memelihara employee engagement, karena karyawan yang merasa terlibat akan menjadi lebih produktif, dan menunjukkan komitmen yang lebih besar terhadap nilai serta tujuan perusahaan.

Anda dapat mendorong employee engagement dengan banyak cara, diantaranya mengkomunikasikan ekspektasi dengan jelas, memberikan penghargaan, dan promosi untuk pekerjaan yang lebih baik, feedback secara teratur, serta mendengarkan dan memahami karyawan agar mereka merasa dihargai dan dihormati.

 

Penting untuk dicatat bahwa employee engagement berbeda dari kepuasan karyawan. Seorang karyawan yang puas tidak akan selalu memberikan waktu dan usaha ekstra untuk keberhasilan perusahaan, melainkan mereka akan melakukan pekerjaan mereka secara kompeten tanpa mengeluarkan usaha ekstra.

 

Kepuasan kerja cenderung transaksional, sesuai dengan gaji dan tunjangan, namun untuk employee engagement sendiri tidak bersifat transaksional, maksudnya seorang karyawan dengan gaji yang lebih tinggi belum tentu menjadi karyawan yang terikat.

Manfaat employee engagement

Berikut adalah manfaat dari penerapan employee engagement yang mungkin belum Anda sadari, sebagai berikut:

1. Peningkatan retensi

Survei menunjukkan bahwa sekitar setengah dari karyawan ingin meninggalkan pekerjaan mereka karena tidak mendapatkan pengakuan, promosi atau gaji yang layak mereka dapatkan, serta sering mengalami konflik kerja serius yang sangat mengecewakan. Inilah sebabnya mengapa meningkatkan employee engagement dan meningkatkan retensi sangat penting untuk bisnis Anda.

2. Mengurangi absensi

Ketidakhadiran secara berulang-ulang yang dilakukan karyawan menunjukkan bahwa mereka tidak terhubung dengan benar pada perusahaan. Semakin banyak ketidakhadiran, maka perusahaan semakin menderita, karena kurangnya tingkat produktivitas, sehingga memiliki dampak yang signifikan pada aliran pendapatan perusahaan.

3. Peningkatan produktivitas

Karyawan yang merasa terlibat akan bekerja lebih efisien dengan tingkat kualitas yang tinggi, akuntabel, dan mampu berkontribusi lebih dari apa yang dibayangkan, sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan tim lebih produktif.

 

Seorang karyawan yang merasa terlibatkan, akan berdedikasi penuh motivasi untuk menyelesaikan semua tugas yang diberikan, sehingga mampu menyelesaikan setiap tugas dengan presisi dan dedikasi. Selain itu, karyawan yang berdedikasi, akan menikmati pekerjaan mereka. Hasilnya, akan lebih efisien dan selalu membuat ide-ide inovatif.

4. Hasil kerja yang berkualitas

Seorang karyawan yang merasa terlibatkan, akan berdedikasi penuh motivasi untuk menyelesaikan semua tugas yang diberikan, sehingga mampu menyelesaikan setiap tugas dengan presisi dan dedikasi. Selain itu, karyawan yang berdedikasi, akan menikmati pekerjaan mereka. Hasilnya, akan lebih efisien dan selalu membuat ide-ide inovatif.

5. Karya inovatif dan kreatif

Sebuah komitmen yang pasti akan menginspirasi karyawan, sehingga terus-menerus timbul ide-ide inovatif dan kreatif baru, serta membangun reputasi perusahaan di pasar. Mereka akan begitu berdedikasi pada pekerjaan sehingga mereka bekerja siang dan malam untuk memenuhi tenggat waktu tugas mereka.

Cara meningkatkan employee engagement

Perlu diingat bahwa employee engagement adalah indikator kunci keberhasilan perusahaan, karena karyawan yang merasa terlibat seperti bagian integral dari identitas bisnis lebih cenderung bekerja keras untuk meningkatkan profitabilitas.

 

Sementara Anda tahu bahwa penting untuk membuat karyawan tetap terlibat dan berinvestasi, mencapai tujuan ini bisa tampak seperti perjuangan yang berat. Mempelajari cara membuat karyawan tetap terlibat adalah seni, dan itu sangat berharga untuk dipelajari. Berikut cara meningkatkan employee engagement:

1. Kesempatan memberi feedback

Perusahaan dengan komunikasi internal yang baik dapat membuat karyawan merasa nyaman dalam bekerja, secara individu maupun dalam tim, karena mereka merasa mendapat informasi yang baik, dikenali, dan didengar.  Anda bisa melakukannya dengan cara mendorong budaya komunikasi dua arah yang konsisten.

 

Untuk memungkinkan hal ini terjadi, maka dari itu tugas Anda membuat komunikasi yang aman bagi karyawan untuk berbagi feedback yang jujur ​​dengan mendengarkan pendapat mereka. Dengan memahami apa yang terjadi di dalam perusahaan, ekspresikan kepedulian dan kekhawatiran yang tulus terhadap karyawan Anda.

2. Beri reward

Jika karyawan bekerja keras tetapi Anda tidak menunjukkan apa-apa, mereka tidak mungkin melanjutkan. Penggerak nyata dari keterlibatan positif adalah pengakuan dan penghargaan, dan hal ini harus terjadi baik secara pribadi maupun publik.

 

Karena karyawan menyukai apresiasi secara pribadi seperti ucapan terima kasih atau selamat untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, sebagian besar juga ingin diakui secara publik atas upaya mereka.

3. Promosikan work life balance

Mendorong kebiasaan sehat di tempat kerja, seperti istirahat selama 1 jam dalam bekerja adalah salah satu strategi untuk mencegah kejenuhan di tempat kerja, karena akan membantu karyawan merasa lebih diperhatikan, meminimalkan kerja berlebihan dan kelelahan, dan menghasilkan waktu kerja yang lebih produktif.

 

Dengan memastikan kantor Anda adalah ruang kerja yang nyaman bagi semua karyawan, menciptakan jadwal kerja yang fleksibel, dan mendorong work life balance juga bagian dari cara untuk menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa Anda peduli dengan kesejahteraan mereka.


Itulah pentingnya proses asesmen dan psikotes di Dreamtalent pada tahap awal rekrutmen untuk mengetahui kepribadian calon kandidat Anda dan cara terbaik untuk membangun dan mempertahankan engagement dengan mereka.

Related Blog