Blog

3 Kebiasaan yang Memicu Unhealthy Lifestyle ketika WFH

Tempat Kerja - 08 Mar 2022 by Andi Annisa Mara Bintang

Summary. Efek jangka panjang yang disebabkan oleh WFH dapat mempengaruhi kesehatan fisik para karyawan yang lebih memilih untuk kerja di rumah. Artikel ini berisi tips untuk mengatasi masalah yang seringkali ditemui tapi masih diabaikan bagi sekelompok orang. Mulai dari naiknya tingkat stres, masalah pola makan yang mempengaruhi berat badan kamu, hingga postur tubuh yang kian memburuk.

 

Expectations. Setelah membaca artikel ini, kamu akan mengetahui efek panjang WFH yang seringkali terjadi dan bagaimana untuk mengatasinya agar WFH kamu bisa lebih menyenangkan.

 

Selama 2 tahun terakhir, WFH menjadi sebuah topik yang menyebabkan “perselisihan” bagi sebagian orang. Ada kelompok yang lebih memilih untuk tetap ke kantor, ada juga yang tetap ingin di rumah saja karena berbagai macam alasan. Akan tetapi, bagi mereka yang lebih memilih untuk di rumah saja, terkadang tidak sadar dengan efek yang ditimbulkan dari pilihan mereka ini.

 

Jika kamu merupakan bagian yang memilih bahwa WFH itu lebih baik untuk gaya hidup kamu, apapun alasannya, hal ini juga bisa menimbulkan efek negatif sendiri, loh. Salah satunya unhealthy lifestyle atau gaya hidup yang kurang sehat.

 

Gaya hidup ini tidak selalu berurusan dengan pola makan atau diet, tapi juga pola tidur dan bagaimana cara kamu dalam mengatur kebiasaan kamu saat berkegiatan sehari-hari. Berapa banyak dari kamu yang sering makan dan tidur terlambat demi deadline? Lalu, berapa banyak dari kamu yang duduk di kursi selama berjam-jam tanpa melakukan peregangan?

 

Hal-hal yang kamu lakukan di atas, mungkin hanya terasa akibatnya dalam jangka pendek saja. Tetapi, tahukah kamu bahwa kebiasaan-kebiasaan “buruk” yang kamu lakukan juga dapat membahayakan dalam jangka panjang? Di artikel sebelumnya, salah satu efek negatif dari WFH adalah pola hidup yang kurang sehat.

 

Mari kita bahas efek jangka panjang dari kebiasaan buruk ini.

 

Naiknya tingkat stres

 

Seorang karyawan yang sedang mengalami stres saat sedang bekerja jarak jauh

 

Sebanyak 41% dari karyawan yang lebih memilih untuk WFH berpendapat bahwa mereka memiliki tingkat stres yang tinggi. Hal ini bisa menjadi bahaya untuk kamu yang menganggap bahwa kamu harus tetap bekerja demi produktivitas. Kalau kamu sendiri belum bisa mengatur level stres kamu dengan baik, lebih baik kamu beristirahat dulu. Lalu kamu bisa melanjutkan pekerjaan kamu saat tingkat stres kamu sudah menurun. Psst, kamu tidak mau kan kalau hal-hal produktif yang kamu lakukan ternyata hanya sebuah hasil dari toxic productivity

 

Overweight / underweight

 

Seorang perempuan sedang memegang apel hijau dan donat dengan tangan. Menjaga kesehatan dan memiliki pola makan yang sehat dan teratur meruapakan hal yang penting saat WFH.

 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, berapa banyak dari kamu yang masih sering lupa waktu untuk makan? Memang betul sih, kalau bekerja di rumah, kamu bisa sambil makan di meja kerja kamu. Tapi hal ini juga bisa membuat berat badan kamu tidak terkontrol, loh. Kalau kamu masih belum bisa membagi waktu antara makan dan bekerja, mungkin anggap saja kamu sedang ada di kantor. kamu bisa melipir sejenak ke meja makan saat jam makan siang. Gunakan waktu tersebut hanya untuk makan dan beristirahat. No phone, no work, no stress.

 

Semoga kamu terhindar dari kebiasaan buruk ini dan jangan lupa makan, ya? 

 

Also, please remember that coffee is not a meal, guys.

 

Salah satu cara agar menjaga pola makan kamu agar tetap seimbang selama work from home, mungkin kamu bisa melakukan meal prep yang mudah, atau kamu juga bisa memasak. Selain itu, pelan-pelan mengganti minuman bergula kamu dengan buah atau infused water. Selamat mencoba!

 

Postur tubuh yang tidak seimbang

 

Seorang perempuan sedang menatap layar laptop dengan posisi yang membungkuk

 

Terlalu lama duduk di kursi dan menatap layar laptop bisa berbahaya untuk postur tubuh kamu juga, loh! Berapa banyak dari kamu yang sering membungkuk saat mengetik? Atau berapa banyak dari kamu yang menatap layar laptop terlalu dekat? Selain bisa membahayakan postur tubuh kamu, terlalu lama duduk di depan layar komputer juga bisa menyebabkan sakit leher, lengan, dan punggung. 

 

Duduk dengan posisi yang sama untuk waktu yang lama juga bisa menghambat aliran darah di tubuh kamu, loh. Siapa di antara kamu yang merasa kesemutan dan kram setelah dua jam duduk di posisi yang sama? It’s okay, we’ve been there too.

 

Untuk mengurangi akibat dari postur tubuh yang tidak seimbang ini, coba kamu melakukan peregangan sesekali setiap satu atau dua jam. Lalu, posisikan tubuh kamu setara dengan layar komputer, dan letakkan lengan kamu dalam posisi sejajar dengan keyboard kamu, ya! Ada lagi nih, lebih baik lagi kalau kaki kamu menyentuh lantai saat kamu duduk berhadapan dengan layar, kalau perlu, kamu bisa juga membeli bangku kecil (footstool) untuk mengganjal kaki kamu.

 

Jangan lupa jaga kesehatan saat WFH, ya.

 

Secara tidak sadar, memang kita semua sering melakukan kebiasaan-kebiasaan kurang sehat ini, ya? Tetapi, alangkah baiknya kita semua mulai mengurangi melakukan hal-hal tersebut dan mulai menjalani hidup yang lebih sehat lagi, sehingga kamu bisa lebih produktif dalam bekerja. 

 

Di Dreamtalent, kamu bisa menemukan gaya kerja yang paling sesuai dengan kebiasaan dan kepribadian kamu, loh! Kamu sendiri lebih suka WFH atau WFO? Untuk mengetahui hal tersebut, kamu dapat mengikuti assessment test untuk mengembangkan potensi kamu, baik di dunia personal dan profesional; juga mengetahui gaya bekerja yang lebih cocok dengan kamu. Selamat mencoba!

Related Blog

Aurellia Candraningtyas - 16 Mar 2022
Yehezkiel Faoma Taslim - 26 Oct 2020
Andi Annisa Mara Bintang - 18 May 2022