Blog

5 Ide Bonding Karyawan, HR Wajib Tahu!

Tempat Kerja - 06 Feb 2023 by Sefya Dian Pratiwi

Summary. Bonding karyawan merupakan aktivitas penting bagi perusahaan untuk meningkatkan ikatan emosional antar karyawan. Tujuan dari bonding karyawan yaitu meningkatkan kebersamaan, produktivitas kerja, kenyamanan bekerja, dan terhindar dari stress. Sebagai HR, Anda mungkin pernah kehabisan ide bonding karyawan agar tetap menyenangkan walaupun di tengah kesibukan. 5 ide bonding karyawan diantaranya yaitu menerapkan program happy hour, merayakan momen spesial, meeting di luar kantor, membentuk klub mabar, dan holiday fun.

 

Expectation. Setelah membaca artikel ini, Anda dapat menerapkan berbagai ide bonding karyawan di perusahaan. 



Mungkin Anda pernah mengalami saat weekly atau monthly meeting acara bonding kantor yang terasa “krik-krik” padahal sudah memakai ice breaking. Tentu hal ini sering dialami oleh beberapa perusahaan, apa lagi di situasi kerja remote yang mengharuskan meeting secara online. 

 

Saat acara bonding kantor, karyawan kerap kali merasa bosan dan cenderung diam serta pasif. Namun begitu tentu ini menjadi PR tersendiri bagi HR untuk menghidupkan suasana bonding karyawan yang seru dan menyenangkan.

 

Di tengah situasi karyawan yang sedang penat, lelah, atau tegang karena pekerjaan, sering kali membuat mereka terdiam dan cenderung pasif. Namun begitu tentu ini menjadi PR tersendiri bagi HR untuk menghidupkan suasana bonding karyawan yang seru dan menyenangkan. 

 

Acara bonding menjadi salah satu strategi HR untuk menjaga dan mengelola hubungan antar karyawan maupun atasan. Bonding karyawan merupakan aktivitas perusahaan untuk menciptakan ikatan emosional karyawan dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja.

Lantas, Mengapa Bonding Karyawan Penting?

Esensi dari bonding karyawan tentu tidak hanya sekedar meluangkan waktu bersama. Melainkan intensitas dan kedekatan interaksi yang terjalin di seluruh anggota perusahaan.

 

Menurut penelitian BetterUp Labs, 43% dari karyawan tidak merasa saling terkoneksi dengan karyawan lainnya. 

 

Hal ini sebagian dipengaruhi oleh rasa ketidakpercayaan terhadap rekan kerja. Krisis hubungan dan kepercayaan ini berpotensi menyebabkan stress pekerjaan, burnout, kurangnya kerja sama tim, hingga kesejahteraan karyawan. 

 

Oleh sebab itu, perusahaan perlu membangun bonding karyawan dengan harapan bisa menumbuhkan kepercayaan. Melalui aktivitas bonding yang menyenangkan, karyawan dapat mengenal satu sama lain lebih dekat. 

 

Bonding yang kuat akan menumbuhkan sense of belonging setiap individu anggota perusahaan. Value of belonging dalam dunia kerja akan berpengaruh pada penurunan turnover rate perusahaan. Bonding karyawan akan meningkatkan kerja sama tim sehingga dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman dan produktif. 

 

Selain itu, menurut Finances Online Reviews for Business, salah satu tren dunia kerja bagi HR 2023 adalah membangun lingkungan kerja yang positif. Bonding yang kuat diharapkan dapat membentuk psychological safety karyawan sehingga dapat meminimalisir konflik internal.



Perusahaan perlu membangun bonding karyawan dengan harapan bisa menumbuhkan kepercayaan. Melalui aktivitas bonding yang menyenangkan, karyawan dapat mengenal satu sama lain lebih dekat.



Namun, terkadang Anda sebagai HR merasa kehabisan ide untuk membuat acara bonding perusahaan agar tetap menyenangkan walau di tengah kesibukan pekerjaan. Berikut adalah 5 ide bonding karyawan yang bisa diterapkan oleh para HR. 

5 Ide Bonding Karyawan

1.  Happy Hour: Coffee Chat or Team Time

 

Anda bisa menerapkan program Happy Hour sebagai kegiatan informal rutin perusahaan dengan mengobrol santai atau bercerita ringan di luar konteks pekerjaan. Happy Hour dimaknai sebagai periode waktu yang menyenangkan. Anda dapat mengkreasikan program Happy Hour di kantor dengan coffee chat atau tea time (perbincangan ringan sembari minum kopi atau teh) sebelum memulai pekerjaan atau di waktu istirahat.



Anda bisa menerapkan program Happy Hour sebagai kegiatan informal rutin perusahaan dengan mengobrol santai atau bercerita ringan di luar konteks pekerjaan. Happy Hour dimaknai sebagai periode waktu yang menyenangkan. Anda dapat mengkreasikan program Happy Hour di kantor dengan coffee chat atau tea time (perbincangan ringan sembari minum kopi atau teh) sebelum memulai pekerjaan atau di waktu istirahat. 

 

Walaupun hanya berdurasi 15-30 menit, tentu tidak masalah asalkan Anda fokus pada kualitas interaksi. Terapkan Happy Hour serileks mungkin sehingga karyawan tetap merasa nyaman. 

 

Jika perusahaan Anda bekerja dengan sistem remote, Anda dapat melakukan program Happy Hour sebagai sesi curhat karyawan atau sharing session secara virtual.

2.  Meeting Di Luar Kantor

 

Meeting identik sebagai pertemuan yang dilakukan di kantor untuk membahas sesuatu hal yang penting bagi perusahaan. Agar karyawan tidak merasa bosan, ada baiknya Anda membangun suasana meeting menjadi lebih santai seperti mengadakan di luar kantor. Tentu dengan tetap menjaga fokus pada tujuan meeting, karyawan akan mendapatkan suasana baru sehingga dapat menghasilkan ide-ide baru.



Meeting identik sebagai pertemuan yang dilakukan di kantor untuk membahas sesuatu hal yang penting bagi perusahaan. Agar karyawan tidak merasa bosan, ada baiknya Anda membangun suasana meeting menjadi lebih santai seperti mengadakannya di luar kantor. Tentu dengan tetap menjaga fokus pada tujuan meeting, karyawan akan mendapatkan suasana baru sehingga dapat menghasilkan ide-ide baru.

 

Meeting di luar kantor dapat diterapkan dengan mengadakan pertemuan di cafe, restoran, co-working space, dan lain sebagainya. Manfaat dari meeting di luar kantor sendiri selain untuk mendapatkan inspirasi baru, juga dapat meningkatkan mood sehingga berpengaruh pada produktivitas kerja. Selain itu, meeting di luar kantor juga akan menambah potensi karyawan untuk bertemu dengan koneksi atau relasi baru.

3.  Celebrate Special Moment

 

Merayakan momen spesial menjadi salah satu cara untuk membentuk bonding yang kuat antar karyawan. Merayakan momen spesial memiliki makna sebagai pengukir momen baru bersama. Momen spesial ini bisa jadi perayaan ulang tahun karyawan, hari raya, anniversary kantor, atau bahkan promosi jabatan.



Merayakan momen spesial menjadi salah satu cara untuk membentuk bonding yang kuat antar karyawan. Merayakan momen spesial memiliki makna sebagai pengukir momen baru bersama. Momen spesial ini bisa jadi perayaan ulang tahun karyawan, hari raya, anniversary kantor, atau bahkan promosi jabatan. 

 

Dengan merayakan momen spesial, setiap anggota perusahaan dapat saling mengenal satu sama lain dan berbagi kebahagiaan. Walau misalnya hanya suprise dan ucapan “happy birthday” secara sederhana, namun hal tersebut akan bermakna bagi karyawan sebagai bentuk perhatian. 

4.  Bentuk Klub Mabar (Main Bareng) 

 

Main bareng atau lebih sering dikenal dengan istilah mabar adalah ide menarik untuk memperkuat bonding karyawan. Program klub mabar menjadi wadah perkumpulan para karyawan yang memiliki ketertarikan atau hobi yang sama.



Main bareng atau lebih sering dikenal dengan istilah mabar adalah ide menarik untuk memperkuat bonding karyawan. Program klub mabar menjadi wadah perkumpulan para karyawan yang memiliki ketertarikan atau hobi yang sama. 

 

Misalnya para karyawan yang gemar bermain game online, mereka dapat membuat tim atau klub dengan agenda main bersama. Namun, mabar tidak hanya identik dengan game online, program ini bisa dimaknai dengan kegiatan lain yang bervariasi. Jika beberapa karyawan perusahaan Anda gemar olahraga futsal, mereka dapat membentuk klub mabar futsal. 

 

Program ini diterapkan dengan tujuan agar para karyawan lebih merasa terkoneksi satu sama lain dengan berbagi ketertarikan. Di sisi lain, karyawan akan merasa didukung atas apa yang menjadi hobi dan kegemaran mereka oleh perusahaan.

 

5.  Holiday Fun  

Holiday merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh para karyawan. Mengisi momen liburan bersama tim perusahaan akan meningkatkan hubungan pertemanan sekaligus menghilangkan stress pekerjaan

 

Karyawan sering kali merasa jenuh dengan aktivitas harian kantor untuk mencapai target kerja. Sesekali karyawan juga perlu untuk mendapatkan penyegaran pikiran serta menjaga work life balance. Oleh sebab itu, holiday fun menjadi solusi untuk meningkatkan kebersamaan, membangkitkan semangat kerja, serta menjaga kesejahteraan karyawan. Program holiday fun dapat berupa karya wisata, piknik, atau stay cation.

 

Holiday merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh para karyawan. Mengisi momen liburan bersama tim perusahaan akan meningkatkan hubungan pertemanan sekaligus menghilangkan stress pekerjaan.

 

A Recipe To A Long Lasting Relationship

Resep hubungan karyawan agar bertahan lama adalah adanya genuine expression dari setiap individu perusahaan untuk saling terbuka, menunjukkan respect, dan keinginan mencapai tujuan bersama. Hal ini berarti bahwa setiap karyawan memiliki visi, misi, dan personality yang senada dengan perusahaan. Dengan kata lain, budaya kerja karyawan sesuai dengan budaya kerja perusahaan

 

Tentu menemukan karyawan yang sesuai dengan budaya perusahaan tidaklah mudah. Namun hal ini menjadi mudah dengan bantuan tes psikometri seperti yang ada di Dreamtalent, membantu perusahaan untuk menemukan kandidat potensial sesuai kebutuhan. 


Tes psikometri akan melihat tiga bagian dasar  dalam menilai seorang kandidat yaitu kemampuan, pencapaian, dan kepribadian. Ketika Anda menemukan kandidat yang sesuai dengan skill kebutuhan dan budaya perusahaan, maka akan semakin mudah pula bagi perusahaan untuk membangun bonding dan hubungan antar karyawan.

Related Blog

Yehezkiel Faoma Taslim - 16 Jun 2020