Blog

Mitos atau Fakta: Introvert Susah Dapat Kerja?

Karier - 27 Sep 2022 by Andhika Pramudya

Summary. Masih terdapat mitos bahwa seorang introvert susah dalam mencari kerja. Padahal fakta membuktikan bahwa setengah dari tenaga kerja saat ini memiliki sifat introvert. Bahkan mereka memiliki kelebihannya sendiri dalam sebuah lingkungan kerja dan prospek kerja yang sesuai dengan kepribadiannya.

Expectations. Setelah membaca artikel ini, diharapkan kamu dapat mengetahui fakta yang benar mengenai introvert dalam bekerja.



Dani yang merupakan seorang fresh graduate masih kesulitan dalam mencari pekerjaan selama beberapa bulan ini. Temannya, Reyhan, berpendapat bahwa Dani harus mengubah sifat introvert-nya yang terkesan tidak mau berinteraksi sehingga sulit dalam membangun relasi dengan orang lain. Loh, kok jadi menyalahkan kepribadiannya ya?

Mitos atau fakta introvert saat ini

Masih banyak yang masih berpendapat bahwa kaum introvert sulit untuk beradaptasi dengan pekerjaannya yang sering berinteraksi dengan orang lain sehingga sulit dalam mencari pekerjaan.

Saat ini, seperti pandangan reyhan sebelumnya, masih terdapat berbagai anggapan mengenai sifat dan karakteristik introvert dan relevansinya dengan pekerjaan. Banyak yang masih berpendapat bahwa kaum introvert sulit untuk beradaptasi dengan pekerjaannya yang sering berinteraksi dengan orang lain.

Oleh karena itu, pendapat tersebut yang menggiring opini orang-orang bahwa orang introvert susah untuk mendapat pekerjaan. Padahal, faktanya adalah baik introvert atau bukan itu tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. 

Fakta ini dapat diperkuat melalui studi yang dilakukan oleh Susan Cain, penulis buku Quiet: The Power of Introverts in a World That Can't Stop Talking, dimana berhasil mendapatkan data bahwa 50% dari tenaga kerja yang ada di US merupakan seorang introvert

Artikel Forbes juga memperkuat fakta bahwa seorang introvert dapat menjadi seorang karyawan yang bernilai tinggi karena beberapa kemampuan yang dimiliki, seperti seorang pengamat yang hebat, self-motivated, dan penuh perhitungan dalam mengambil langkah tepat. 

Bisa jadi rekan kerja yang baik

Beberapa kelebihannya antara lain memiliki ide dan gagasan yang cemerlang, jarang bergosip, membentuk lingkungan kerja yang tenang, dan pendengar yang baik.

Mitos-mitos mengenai rekan kerja seorang introvert yang mempunyai kesan tidak mempunyai etos kerja tinggi, membosankan, tidak produktif, atau tidak bisa diajak berinteraksi masih sering terdengar di masyarakat umum.

Faktanya, memiliki rekan seorang introvert pada lingkungan kerja kamu dapat menjadi rekan kerja yang baik, loh! 

Simak beberapa kelebihan maupun keuntungan memiliki rekan kerja introvert berikut ini.

  • Walaupun terkesan menjauhi bicara di depan publik, nyatanya mereka dapat memberikan ide dan gagasan yang cemerlang dan matang. 

  • Jarang bergosip seputar informasi di lingkungan kerja. Mereka lebih menyukai berbincang dengan hal-hal yang bernilai dengan efektif untuk dibicarakan.

  • Lingkungan kerja dapat memberikan rasa stress yang berlebihan. Oleh karena itu, mempunyai rekan kerja introvert dapat membantu kamu dalam meringankan rasa stress tersebut. Hal ini karena mereka memiliki sifat dasar yang tenang dalam menghadapi apapun.

  • Dapat menjadi pendengar yang baik. Dalam menjalankan tugas, kita sering menemukan berbagai masalah atau tantangan yang membutuhkan masukan dari orang lain. Orang introvert bisa menjadi pilihan pertama dalam meminta hal tersebut.

 

"Quiet people have the loudest minds."

- Stephen Hawking

 

Pekerjaan yang cocok untuk introvert

Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh pekerja dengan kepribadian introvert adalah rasa semangatnya yang tak pernah kendor walaupun bekerja secara sendirian atau tanpa kehadiran orang lain disekitarnya.

Mereka juga terkadang juga memilih sendiri dibandingkan bersama dengan rekan tim lainnya karena dapat lebih fokus dan percaya diri dalam menuntaskan pekerjaannya. Maka dari itu, ada beberapa karier yang dirasa sangat cocok dengan pada introvert, yaitu:

Programmer

Menjadi programmer dapat bekerja di dalam rumah dan tidak perlu berkoordinasi lebih dengan rekan sesama kerja.

Menjadi programmer sudah menjadi salah satu trend baru dalam pekerjaan saat ini, dimana orang-orang berjibaku untuk switching career ke bidang IT salah satunya posisi ini.

Kebetulan nih kepada kalian para introvert, pada dasarnya pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan yang cukup cocok untuk kalian! 

Ada beberapa alasannya, diantaranya adalah pekerjaannya yang dapat dilakukan dirumah dan pembagiannya kerjanya sudah diatur, sehingga tidak terlalu memerlukan koordinasi lebih lanjut dengan rekan kerja lainnya.

Writer atau editor

Seorang introvert dengan skill tinggi pada bidang kreativitas sangat cocok untuk menjadi seorang writer atau menjadi editor. Terlebih saat ini menjadi seorang penulis lepas dapat dilakukan secara otodidak di rumah.

Seorang introvert dengan skill tinggi pada bidang kreativitas sangat cocok untuk menjadi seorang writer atau menjadi editor. Terlebih saat ini menjadi seorang penulis lepas dapat dilakukan secara otodidak di rumah. 

Hal ini semakin baik semenjak terjadinya pandemi dan mengharuskan perusahaan mengubah strategi bisnisnya ke platform online dan mengembangkan bidang digital marketing. Posisi ini sangat cocok karena kegiatan pekerjaannya yang minim berinteraksi dengan pekerja lain secara langsung.

Paralegal

Paralegal aktif bekerja dalam membantu lawyer menemukan fakta-fakta yang berkaitan dengan kasus dengan melakukan riset data, mendokumentasikan data, dan membantu mempersiapkan argumen yang tepat untuk dilontarkan lawyer ketika sidang berlangsung.

Pada bidang hukum, terdapat salah satu karier yang cocok bagi kalian yang merupakan seorang introvert. Di saat seorang lawyer atau notaris bekerja dengan banyak bertemu dengan klien dan orang penting lainnya, paralegal dapat bekerja dengan tenang secara sendirian.

Paralegal aktif bekerja dalam membantu lawyer menemukan fakta-fakta yang berkaitan dengan kasus dengan melakukan riset data, mendokumentasikan data, dan membantu mempersiapkan argumen yang tepat untuk dilontarkan lawyer ketika sidang berlangsung.

Profesi ini bisa dikatakan lebih aktif bekerja di belakang panggung, dan tidak banyak beraktivitas di depan publik yang sering bertemu dengan orang lain. 

Kenali diri lebih baik

Apapun mitos maupun faktanya, sikap yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi ini adalah dengan mengenali diri dengan lebih baik. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri sehingga baik kamu seorang introvert atau bukan, kamu bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Oleh karena itu, kenali dirimu lebih dalam menggunakan tes psikometri yang terdapat di Dreamtalent. Di sini kamu dapat mengetahui dengan baik kepribadian, skill, passion, dan lingkungan kerja yang cocok untuk kamu.

Related Blog

Yehezkiel Faoma Taslim - 23 Jun 2020