Blog

5 Tips Untuk WFH yang Produktif & Keuntungannya

- 02 Nov 2020 by Yehezkiel Faoma Taslim

Ditulis oleh Marcella Gracia Vania.

Saat ini, Indonesia tengah menghadapi wabah COVID-19 yang telah menyebar di kalangan masyarakat dan tidak sedikit menimbulkan korban jiwa. Pandemi COVID-19 ini membuat pemerintah harus menerapkan kebijakan PSBB dan tidak sedikit para pekerja kantoran harus bekerja dari rumah atau menerapkan sistem work from home (WFH). Langkah work from home ini diambil oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan menanggulangi pandemi ini dengan maksimal.


Apa saja keuntungan dari Work From Home?

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang sebelumnya kita sudah terbiasa untuk melakukan aktivitas kerja secara langsung di kantor. Dengan adanya aturan untuk social distancing dan menaati protokol kesehatan, kita diharuskan untuk bekerja di rumah aja. Tapi jika dicermati lebih dalam, sistem WFH ini sebenarnya memberi keuntungan untuk pengusaha maupun karyawan yang bekerja di rumah aja. Apabila dilakukan secara optimal dan produktif maka keuntungan tersebut bisa langsung dirasakan oleh para karyawan work from home. Lalu apa saja sebenarnya keuntungan yang bisa didapat dari work from home?

1. Menghemat biaya pengeluaran

Saat masih bekerja di kantor kamu tentu harus mengeluarkan biaya tambahan seperti biaya transportasi, biaya makan, dan juga biaya lain nya. Tapi ketika saat ini kamu diwajibkan untuk bekerja dari rumah aja, tentunya biaya tambahan tersebut tidak diperlukan lagi. Biaya tambahan yang tadinya kamu keluarkan saat masih bekerja di kantor juga bisa kamu simpan. Dengan begitu, cara kerja work from home ini bisa kamu manfaatkan untuk menabung atau menghemat pengeluaran.

2. Memberimu waktu untuk berolahraga sebelum memulai bekerja

Ketika masih bekerja di kantor, waktu yang harus kamu habiskan di pagi hari adalah  bersiap-siap untuk ke kantor dan juga harus menghadapi jalanan yang sangat macet. Namun, lain halnya ketika kamu sudah bekerja dari rumah. Waktu di pagi hari bisa kamu habiskan untuk berolahraga terlebih dahulu untuk menjaga stamina tubuh agar tetap sehat dan bugar saat bekerja nanti. 

3. Mempunyai lebih banyak waktu dengan keluarga 

Salah satu keuntungan yang bisa kamu rasakan dengan work from home adalah kamu bisa mempunyai banyak waktu dengan keluargamu sendiri. Saat bekerja di kantor, di pagi hari nya kamu sudah harus berangkat dan terkadang harus pulang malam dikarenakan lembur. Tentunya hal tersebut membuatmu jarang untuk berkomunikasi dengan keluargamu. Namun, dengan bekerja dari rumah, kamu bisa menyempatkan diri untuk sarapan bersama, makan siang bersama dan bahkan setelah kamu selesai bekerja kamu bisa langsung berkumpul dengan keluargamu. 

Tips agar tetap produktif saat bekerja dari rumah / WFH 

Walaupun Work From Home ini terdengar nyaman, ternyata banyak yang menganggapnya lebih sulit dibandingkan kerja di kantor. Apakah kamu juga merasa demikian? Saat bekerja dari rumah pun kita kerap kali terdistraksi oleh apapun dan sulit fokus untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan benar. Oleh sebab itu, berikut adalah 5 tips agar kamu tetap produktif saat bekerja dari rumah aja.

1. Buat ruangan sekitarmu menjadi lebih nyaman saat bekerja

membuat suasana kerja di rumah yang nyaman

Tidak hanya di kantor saja, ternyata lingkungan dan suasana kerja mempengaruhi kemampuan dan produktivitas kita dalam bekerja. Begitu pun saat bekerja di rumah, tentunya suasana dan lingkungan di sekitar ruangan pun harus nyaman dan bisa ditempati untuk bekerja. Buat lah ruangan tempat kamu bekerja menjadi senyaman mungkin dan jauhi tempat yang banyak keramaian agar kamu bisa lebih fokus dalam bekerja. Selain itu, memilih tempat yang nyaman untuk bisa bekerja juga meningkatkan semangat mu dalam bekerja sehingga kinerja mu dalam menjalankan pekerjaan juga akan ikut meningkat.

2. Pastikan tetap menjaga komunikasi dengan rekan kerjamu

Bekerja dari rumah memang sedikit memberikan tantangan dalam berkomunikasi, terutama dengan rekan kerja. Jika tadinya saat bekerja di kantor kamu bisa bebas dalam bertukar pendapat dan berdiskusi karena bertemu langsung, lain hal nya jika sudah bekerja dari rumah masing-masing. Ketika bekerja dari rumah, komunikasi dengan rekan kerja memang menjadi sedikit terhambat. Walaupun begitu, kamu bisa memanfaatkan sosial media ataupun video call dengan rekan kerja untuk sekedar berdiskusi mengenai pekerjaan dan juga bertukar pendapat tentang ide baru yang ingin di aplikasikan. Dengan tetap menjaga komunikasi dengan rekan kerjamu, hal itu akan menjadikan kehidupan pekerjaanmu lebih produktif dan lebih baik lagi. 

3. Membuat to-do list setiap harinya

membuat daftar to do list untuk menentukan prioritas

Dikutip dari MindTools, membuat to do list sama halnya dengan membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan dan diurutkan berdasarkan skala prioritas. Selain itu, membuat daftar to do list setiap harinya akan memudahkan kamu dalam mengatur waktu dengan baik. Kamu bisa memulai membuat daftar to do list sebagai perencanaan besok pada hari ini.

Trik tersebut sudah berhasil dilakukan oleh salah satu narasumber dari The List Producer bernama Paula Rizzo. Pada wawancaranya dengan The Ladders, ia mengatakan bahwa membuat to do list setiap harinya bisa membantu nya dalam menyeimbangkan antara karir dan kehidupan sehari-hari. Jadi sebelum memulai hari esok, ia sering kali membuat daftar to do list tersebut pada hari sebelumnya untuk membantunya dalam mengatur semua jadwal kegiatan yang harus dilakukan. Nah, kamu juga bisa memulainya untuk dengan tujuan semua kegiatanmu bisa terjadwal dengan baik dan benar. 

4. Tentukan kapan waktu bekerja dan waktu untuk beristirahat

Masalah disiplin waktu juga sangat penting dan berpengaruh pada produktivitas bekerja di rumah. Dalam hal ini, kamu bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk bekerja dan beristirahat. Selain itu, kamu juga tidak perlu memaksakan dirimu untuk selalu menyelesaikan pekerjaan sekaligus dalam sehari. Hal ini tentu akan membebani pikiran dan membuatmu stres

Penelitian dari Florida State University mengungkapkan bahwa sejumlah atlet, pemain catur, musisi, dan aktor lebih produktif jika berlatih dalam waktu maksimal 90 menit. Nah, mungkin hal itu bisa ditiru dengan membatasi waktu kerja, selingi dengan break sebentar setelah 90 menit bekerja. Beri lah sedikit waktu untuk beristirahat sejenak dan mengumpulkan energi kembali. Sebab penting juga untukmu menjaga kesehatan tubuh dan pikiranmu walaupun hanya bekerja dari rumah. 

5. Sempatkan waktu senggang untuk melatih skill dan kreativitasmu


Setiap harinya, kebanyakan waktu yang kamu habiskan hanya melakukan pekerjaan di rumah sendiri. Namun untuk meningkatkan produktivitas mu sehari-hari, kamu juga perlu melatih skill dan kreativitas atau sekedar melakukan hobimu sendiri. Cara-cara yang dilakukan adalah kamu bisa mengikuti pelatihan skill, mengikuti webinar, dan juga mencoba psychometric test (psikotest) untuk mengetahui skill dan kemampuan baru mu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan skill-skill baru dan menjadi pribadi yang berkualitas setiap harinya walaupun hanya di rumah aja. 

Buat Suasana WFH-mu Menjadi Lebih Produktif dan Menyenangkan

Ketika di waktu sebelumnya bekerja di kantor sudah menjadi rutinitas sehari-hari, tentunya menerapkan sistem WFH menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang. Namun bukan berarti hal tersebut sulit untuk dilakukan. Mulailah membuat dan mengatur suasana dan pengalaman WFH mu menjadi lebih produktif dan menyenangkan. 

Setiap orang punya gaya bekerja (working style) masing-masing saat WFH, dan lima cara di atas mungkin lebih atau kurang efektif tergantung gaya bekerja mu. Mau tau gaya kerja kamu? Yuk kunjungi Dreamtalent dan kerjakan psikotesnya untuk mengenali gaya kerja, kepribadian, dan karir impianmu!