Public Speaking: Skill Yang Wajib Dimiliki Dalam Kerja
Karier | 22 Feb 2023 | By Yehezkiel Faoma Taslim
Public Speaking: Skill Yang Wajib Dimiliki Dalam Kerja

Summary: Dalam dunia kerja, kamu membutuhkan banyak sekali kemampuan yang dapat menjadi nilai tambahan. Salah satu kemampuan yang wajib kamu punya dalam dunia kerja adalah kemampuan untuk berbicara di depan umum, atau skill public speaking. Skill ini dibutuhkan tanpa memandang jenis pekerjaan yang kamu jalani. Public speaking memang sering membuat banyak orang takut atau gugup saat menjalaninya. Namun, dengan public speaking yang baik kamu dapat memberikan dampak pada orang lain dan diri kamu sendiri, seperti meningkatkan kepercayaan diri kamu dan juga menyampaikan informasi dengan efektif. 


Expectations: Setelah membaca artikel ini, kamu dapat memahami seberapa pentingnya untuk memiliki skill public speaking yang baik sebagai karyawan, manfaat, serta bagaimana cara meningkatkannya.

 

 

Kamu pasti salah satu atau kamu pasti punya teman kerja yang paling gabisa kalau diminta untuk bicara di depan orang banyak. Kalau lagi ngomong di depan orang banyak atau lagi presentasi pasti aja langsung kagok dan malah jadi lupa apa yang mau diomongin. Kenapa sih seorang karyawan kok gabisa bicara di depan orang banyak?

 

Nah, yang menjadi akar dari permasalahan ini adalah salah satu skill yang penting banget buat kamu miliki. Kalau kamu masih gugup ketika berbicara di depan banyak orang, mungkin kamu belum memiliki skill public speaking yang mumpuni. 

 

Dimanapun kamu kerja, kapanpun, dan profesi apapun kamu bekerja, kamu wajib dan pasti menggunakan kemampuan public speaking. Karena dalam dunia kerja, kamu pasti akan selalu bertemu dengan orang baru, kamu akan tampil dihadapan umum, dan kamu akan berbicara di depan mereka.

 

Dengan public speaking yang baik, kamu dapat menyampaikan pesan dengan sempurna dan dapat dimengerti. Sebaliknya, jika kamu tidak memiliki public speaking yang baik, kamu akan mengalami kesulitan untuk memahami dan mengikuti arus dunia kerja.

 

Nyatanya, kalau kamu tidak memiliki skill public speaking yang baik, kamu mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengikuti arus dunia kerja. Ketika kamu memiliki skill public speaking yang baik, kamu akan lebih mudah dalam menyampaikan informasi secara efektif dan juga dapat mempengaruhi orang sekitar. Itu mengapa kamu wajib memiliki skill public speaking yang baik.

 

Namun sebenarnya seberapa penting sih skill public speaking untuk dimiliki seorang karyawan? Kalau punya skill ini, manfaatnya apa? Gimana cara kamu meningkatkan skill public speaking ini?

 

Sebelum membahas seberapa penting dan bagaimana cara meningkatkan skill public speaking, kayaknya lebih baik lagi kalau kita paham betul apa maksud dan arti dari public speaking terlebih dahulu. 

 

Apa Itu Public Speaking?

 

Public speaking adalah kemampuan seseorang untuk berbicara di depan publik.

 

Kalau dilihat dari namanya, sudah jelas sekali bahwa public speaking ini adalah kemampuan kamu untuk berbicara di depan publik atau orang banyak. Kemampuan yang satu ini termasuk dalam jajaran soft skill yang wajib kamu miliki.

 

Dilansir dari Cleverism, skill public speaking adalah kemampuan seseorang untuk berbicara secara efektif kepada audiens. Baik orang-orang yang sudah kamu kenal, maupun orang-orang yang baru atau belum kamu kenal. 

 

Menurut Corporate Finance Institute, skill public speaking yang baik terdiri dari tiga komponen, yaitu style (gaya berbicara), substance (substansi atau makna), dan impact (dampak atau pengaruh). 

 

Jadi dalam melakukan public speaking yang baik, kamu harus memperhatikan gaya berbicara kamu, bagaimana kamu menyusun setiap kata dan kalimat agar nyaman didengar audiens. Kamu juga harus memperhatikan makna dari pesan yang kamu sampaikan, sehingga audiens akan terpengaruh dan makna pesanmu melekat pada audiens. 

 

Punya Skill Public Speaking? Kamu Dapat Apa?

 

Melihat tiga komponen yang terdapat dalam public speaking yang baik sudah mengkonfirmasi seberapa pentingnya untuk punya public speaking. Bayangkan gimana kalau kamu tidak punya skill public speaking. Gimana cara agar pesanmu selalu diingat oleh para audiens?

 

Terus kalau sekarang kamu sudah punya dan menerapkan public speaking yang baik, kamu akan dapat apa?

 

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri 

 

Memang pada awalnya kamu akan merasa gugup. Tapi dengan seringnya kamu berbicara di depan publik, secara tidak langsung kepercayaan diri kamu akan terus meningkat. Dengan kepercayaan diri yang tinggi, hal itu dapat membantu kamu untuk memiliki performa yang baik di pandangan orang lain. 

 

2. Menyampaikan Informasi Dengan Efektif

 

Dalam dunia kerja, tentunya berkomunikasi dan penyampaian informasi secara efektif adalah hal yang sangat penting. Public speaking tidak hanya berlaku dengan orang-orang eksternal, namun berlaku juga untuk orang internal, yaitu tim kamu sendiri. Dengan penyampaian informasi yang efektif, hal itu dapat mempengaruhi kinerja dan hasil yang diberikan oleh tim. 

 

Kamu Masih Gugup? Ini Cara Meningkatkan Skill Public Speaking

 

Tak perlu khawatir, kamu dapat meningkatkan skill public speaking kamu dengan melakukan cara seperti melakukan pesiapan, berlatih, dan mengenali audiens.

 

Suatu kemampuan yang kamu miliki, pasti akan selalu berguna dalam kehidupan. Dengan situasi dunia kerja yang selalu berkembang, tentunya skill yang kamu miliki juga harus selalu diasah. 

 

Sama halnya dengan public speaking, walaupun hanya berbicara di depan umum, tapi nyatanya masih banyak orang yang tidak mampu melakukannya. Tapi kamu ga perlu khawatir, karena kamu dapat melakukan beberapa cara dibawah ini untuk meningkatkan kemampuan kamu. 

 

1. Melakukan Perencanaan Dan Berlatih

 

Sebelum langsung terjun di depan orang banyak, hal terutama yang wajib kamu lakukan adalah melakukan persiapan. Menyiapkan bahan, melakukan penelitian, dan juga berlatih. 

 

Kamu dapat menyiapkan catatan-catatan kecil untuk membantumu menyampaikan pesan, kemudian kamu dapat berlatih dengan merekam diri kamu sendiri ketika melakukan presentasi atau pidato. Nah, hasil rekaman itu dapat kamu gunakan untuk melakukan evaluasi. 

 

2. Mengenal Audiens

 

Berbicara di depan umum, kamu pastinya akan bertemu dengan banyak orang yang berbeda satu sama lain. Mereka juga berbeda dengan diri kamu sendiri. Maka dari itu, kamu perlu memahami audiens kamu. Memahami audiens ini dapat membantu kamu untuk menemukan metode terbaik dalam menyampaikan pesan. 

 

3. Melatih Gaya Tubuh

 

Sebenarnya, tanpa kamu sadari, sehari-hari ketika kamu berbicara dengan orang lain, kamu juga melakukan gaya tubuh loh. Gaya tubuh ini biasa disebut juga dengan gestur yang termasuk dalam komunikasi nonverbal. Gaya tubuh ini meliputi gerakan tangan, mimik wajah, posisi badan, dan juga kontak mata antara kamu dan audiens. 

 

Untuk beberapa orang, gaya tubuh malah dapat membantu mereka untuk rileks dan tidak gugup ketika berbicara di depan umum. 

 

Sudah menerapkan cara-cara di atas, tapi kamu masih saja gugup dan khawatir saat berbicara di depan umum? Mungkin saja lingkungan kerja yang tidak cocok menjadi alasannya. Karena ketika kamu nyaman dengan lingkungan kerjamu, kamu akan lebih merasa leluasa untuk beropini dan memberikan pendapat. 


Maka dari itu, kamu harus mengetahui dulu diri kamu, minat, dan juga kemampuan kamu sebelum memilih tempat kerjamu. Sebenarnya, kamu dapat melihat kemampuan-kemampuan kamu melalui tes psikometri yang tersedia di Dreamtalent loh. Ketika kamu sudah mengetahui diri kamu, minat, dan kemampuan, kamu dapat menentukan lingkungan kerja mana yang cocok dengan diri kamu.