Blog

Skill VS Kompetensi: Mana Yang Lebih Berharga?

Pengembangan Diri - 13 Apr 2023 by Anne Andrea Widjaja

Summary: Skill dan kompetensi adalah hal terpenting yang harus dimiliki oleh seorang karyawan. Namun, masih banyak orang yang belum memahami secara betul apa maksud dan perbedaan dari kedua hal terpenting itu. Mulai dari definisi dan bagaimana cara kamu mendapatkannya, adalah perbedaan yang nampak dan jelas dari skill dan kompetensi. Melalui artikel ini, kamu juga dapat melihat dan mengerti mengapa kedua kemampuan ini, skill dan kompetensi sangat penting dan berharga, khususnya untuk seorang karyawan. 

 

Expectations: Setelah membaca artikel ini, kamu dapat mengetahui dan membedakan antara skill dan kompetensi. Kamu juga dapat mengetahui dan dapat menentukan sendiri mana yang menurut kamu lebih berharga. 



Pernah gak sih kamu bingung kalau ada yang lagi ngomongin skill dan kompetensi? Pasti kamu langsung mikir “Lah, emang beda? Bukannya skill dan kompetensi hal yang sama?” Sebenarnya apa sih yang membuat skill dan kompetensi itu beda?

 

Jawaban paling mudahnya adalah perbedaan dapat dilihat dari definisinya. Walaupun memiliki definisi yang sudah jelas berbeda, namun masih banyak orang yang sering salah menggunakan kata skill dan kompetensi. Karena itulah banyak orang berpikir bahwa skill dan kompetensi adalah dua hal yang sama. 

 

Kamu sebagai karyawan wajib bisa membedakan skill dan kompetensi yang kamu miliki. Dengan dapat membedakan keduanya, kamu juga bisa tahu seberapa bernilainya diri kamu dengan skill dan kompetensi yang kamu miliki. 

 

Definisi Skill Dan Kompetensi

 

Skill adalah kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu yang datang dari latihan, pengalaman, dan juga mempraktikannya. Kompetensi adalah kualitas yang melekat pada diri seseorang. Kompetensi juga memiliki arti sebagai kapasitas atau kecakapan seseorang dalam mengerjakan sesuatu.

 

Secara definisi, skill adalah kemampuan yang kamu pelajari dan dapat diaplikasikan sesuai dengan pengetahuanmu. Menurut Britannica, skill adalah kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu yang datang dari latihan, pengalaman, dan juga mempraktikannya

 

Skill pada umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu hard skill dan soft skill. 

 

Hard skill adalah adalah kemampuan teknis yang dimiliki oleh seseorang untuk menyelesaikan berbagai tugas. Contohnya seperti bermain musik, menulis artikel, atau mengoperasikan Microsoft Office. 

 

Sedangkan soft skill adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang secara alami. Contohnya seperti kemampuan komunikasi, leadership, kejujuran, resiliensi, atau teamwork

 

Kompetensi, menurut Darwinbox memiliki arti sebagai seperangkat karakteristik dan keterampilan yang dapat didemonstrasikan. Seperangkat karakteristik dan keterampilan ini tentunya memungkinkan dan meningkatkan efisiensi kinerja suatu pekerjaan. 

Ketika skill adalah kemampuan yang dipelajari, kompetensi adalah kualitas yang melekat pada diri seseorang. Kompetensi juga memiliki arti sebagai kapasitas atau kecakapan seseorang dalam mengerjakan sesuatu. 

 

Perbedaan Skill Dan Kompetensi 

 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, skill dan kompetensi memiliki definisi atau arti yang berbeda. Keduanya, skill dan kompetensi ini adalah dua hal penting yang harus dimiliki oleh seorang karyawan. Perbedaan antara skill dan kompetensi dapat dilihat dari proses pendapatannya dan juga dari definisi.

 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, skill dan kompetensi memiliki definisi atau arti yang berbeda. Keduanya, skill dan kompetensi ini adalah dua hal penting yang harus dimiliki oleh seorang karyawan. Perbedaan antara skill dan kompetensi dapat kamu lihat dari penjelasan dibawah ini. 

 

1. Definisi

 

Perbedaan utama dan perbedaan yang paling menonjol dapat dilihat dari perbedaan definisi yang dimiliki keduanya. Skill adalah kemampuan seseorang dalam mengerjakan sesuatu. Sedangkan kompetensi adalah indikator seberapa baik atau seberapa jauh orang itu dapat mengerjakan kemampuan yang kamu punya. 

 

Lebih mudahnya, dapat dianalogikan dengan apakah kamu sekedar bisa atau apakah kamu seorang yang ahli?

 

2. Proses Mempelajari

 

Dalam prosesnya, sudah dijelaskan bahwa skill adalah kemampuan seseorang yang dipelajari. Sedangkan kompetensi adalah seberapa baik orang tersebut dapat melakukan skill tersebut. 

 

Sayangnya, kebanyakan orang lebih memilih untuk mempelajari skill baru daripada mengembangkan kompetensi skill yang sudah dimiliki. Hal ini dikarenakan waktu yang relatif lama jika kamu ingin memiliki kompetensi yang terbaik. 

 

Jadi, Lebih Penting Mana?

 

Walaupun skill dan kompetensi memiliki beberapa perbedaan, namun terlepas semua perbedaan tersebut skill dan kompetensi sama-sama penting yang harus kamu miliki dalam karier.

 

Walaupun skill dan kompetensi memiliki beberapa perbedaan, namun terlepas semua perbedaan tersebut skill dan kompetensi sama-sama penting yang harus kamu miliki dalam karier

 

Seorang karyawan memerlukan skill untuk menyelesaikan segala tugasnya. Karyawan juga membutuhkan kompetensi untuk perkembangan karier. 

 

Sebagai karyawan, pastinya menguasai skill dan kompetensi adalah hal yang penting. Ketika kamu memiliki kompetensi sebuah skill, sudah pasti kamu memiliki nilai lebih dibandingkan karyawan lain yang hanya bisa skill tertentu. 

 

Walaupun membutuhkan tes atau ujian tertentu untuk menjadi kompeten pada suatu skill. Namun, ketika kamu menjadi kompeten, ha tersebut sepadan dengan penantian, waktu, dan semua usaha yang telah kamu berikan. 

 

Tentunya, untuk menjadi kompeten, kamu harus memiliki skill yang memang benar-benar berada pada minat dan ketertarikan kamu. Apa kamu masih merasa tidak ada skill yang menarik perhatianmu?

 

Kamu tidak perlu takut ya! Kamu bisa cek minat dan bidang keahlianmu lewat tes psikometri yang tersedia di Dreamtalent. Dengan mengenal minat dan bidang keahlian, kamu jadi lebih mudah menentukan skill mana yang akan dalami dan menjadi kompeten pada bidang itu.