Investasi Diri: Penting Untuk Masa Depan!
Pengembangan Diri | 11 Apr 2023 | By Dreamtalent Blog Writer
Investasi Diri: Penting Untuk Masa Depan!

Investasi Diri: Penting Untuk Masa Depan!

 

Investasi diri adalah satu hal terpenting dalam perjalanan karier. Maka, kamu perlu mengenal lebih dalam lagi arti, alasan, dan cara investasi diri sekarang!

 

Meta Desc: (Read Time: 8 min.) Investasi diri adalah satu hal terpenting dalam perjalanan karier. Maka, kamu perlu mengenal lebih dalam lagi arti, alasan, dan cara investasi diri sekarang!

 

Summary: Investasi tidak hanya membahas tentang uang. Namun, investasi juga perlu dilakukan kepada diri kita sendiri. Investasi diri juga harus dimulai dari diri sendiri. Dengan tekad dan kemauan yang penuh dapat membantumu menjadi pribadi yang positif, berkualitas, dan juga berpengalaman. Kamu dapat mulai melakukan investasi diri dari hal yang kecil, seperti menerapkan gaya hidup sehat, menjadi pribadi yang kreatif, hingga mendalami keterampilan. 

 

Expectations: Setelah membaca artikel ini, kamu dapat mengetahui dan menyadari betapa pentingnya melakukan investasi diri, mulai dari peningkatan ilmu hingga peningkatan skill atau keterampilan.



Pernah gak sih kamu ketika lagi ngumpul sama teman-teman, terus mereka ngomongin hal dalam pekerjaan mereka tapi kamu gak bisa relate karena kamu gak ngerti apa yang mereka bahas? Pasti langsung overthinking dan merasa FOMO kan? 

 

Tidak sedikit juga orang yang akan merasa minder karena mereka merasa bahwa mereka minim akan ilmu atau informasi ter-update. Ada juga sebagian orang yang merasa termotivasi untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan atau skills mereka. 

 

Selagi masih muda dan aktif, investasi diri adalah salah satu hal yang wajib kamu lakukan. 

 

Mengenal Investasi Diri

 

Investasi diri adalah penanaman modal di dalam diri kamu masing-masing, dalam rupa ilmu, keterampilan, dan lain-lain dengan harapan akan menerima keuntungan dari penanaman modal tersebut.

 

Terdengar dari namanya saja, kamu pasti sudah mengerti gambaran sekilas mengenai arti dari investasi diri. Sama halnya dengan investasi uang, investasi diri adalah penanaman modal di dalam diri kamu masing-masing, dalam rupa ilmu, keterampilan, dan lain-lain dengan harapan akan menerima keuntungan dari penanaman modal tersebut. 

 

Dalam kehidupan, investasi diri jauh lebih penting daripada investasi uang. Kenapa? Bukannya uang bisa menjamin masa depan? 

 

Iya, memang uang bisa menjamin masa depan kamu. Tapi, dengan melakukan investasi diri, jaminan masa depan kamu menjadi tidak terhingga. Dengan investasi diri, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih berkualitas, berpengalaman, dan juga menjadikan kamu pribadi yang kaya akan keterampilan, yang justru akan mendatangkan uang kepada kamu. 

 

“The best investment you can make, is an investment in yourself. The more you learn, the more you earn.”

 

- Warren Buffet

 

Raih Keuntungan Seumur Hidup, Ini Manfaat Investasi Diri!

 

Berinvestasi diri tentunya membawa banyak dampak positif kepada perubahan diri kamu. Investasi diri menjadi kamu menjadi lebih positif, menjadi pribadi yang lebih percaya diri, lebih berpengalaman, tangguh, dan meningkatkan kualitas diri.

 

Yup, betul sekali. Ketika kamu melakukan investasi diri, keuntungan yang akan kamu terima akan bersifat selamanya. Karena modal yang kamu tanamkan tidak akan pernah berkurang dan tidak akan pernah hilang.

 

Investasi tidak melulu hanya membahas uang. Investasi bisa dilakukan kepada semua hal yang akan memberikan keuntungan pada diri kamu suatu saat nanti. 

 

Alih-alih berkurang dan hilang, yang ada seiring dengan perkembangan zaman, semua modal yang kamu tanamkan malah akan selalu bertambah. Mulai dari meng-upgrade keterampilan yang sudah ada, ataupun kamu mempelajari lagi skill dan keterampilan yang baru. 

 

Namun, berinvestasi kepada diri sendiri tidak hanya berupa meningkatkan atau mempelajari skill atau kemampuan baru. Tapi, berinvestasi  pada diri sendiri ini juga mencakup membaca buku, mulai membuat jadwal untuk diri sendiri, hingga mengikuti kelas-kelas tambahan. 

 

Salah satu alasan mengapa kamu harus melakukan investasi pada diri sendiri adalah karena investasi diri dapat mendorong kamu untuk menjadi versi terbaik dari diri kamu. 

 

Berinvestasi diri tentunya juga membawa banyak dampak positif kepada perubahan diri kamu. Investasi diri menjadi kamu menjadi lebih positif, menjadi pribadi yang lebih percaya diri, lebih berpengalaman, tangguh, dan meningkatkan kualitas diri. 

 

6 Cara Investasi Diri Mudah. Lakukan Sekarang!

 

Tentunya, akan terjadi perubahan kepada kebahagian serta produktivitas kamu, dan pastinya akan bermanfaat bagi diri kamu secara pribadi maupun secara profesional. Berikut 6 cara investasi diri sendiri yang dapat kamu lakukan, seperti menetapkan tujuan, upskilling, hingga menerapkan gaya hidup sehat.

 

Tentunya, akan terjadi perubahan kepada kebahagian serta produktivitas kamu, dan pastinya akan bermanfaat bagi diri kamu secara pribadi maupun secara profesional. Berikut 6 cara investasi diri sendiri yang dapat kamu lakukan. 

 

1. Set Your Goals

 

Menetapkan goal atau tujuan harus menjadi pertimbangan ketika kamu ingin melakukan investasi pada diri sendiri. Dengan menetapkan tujuan, hal tersebut dapat membantu kamu mendapatkan dan mencapai hasil yang ingin kamu capai. 

 

Dengan mencatat dan menuliskan daftar tujuan yang ingin kamu capai, hal ini mungkin dapat membantu kamu untuk mencapai mereka lebih cepat dan mudah. Menuliskan dan menetapkan tujuan dapat membantu kamu menunjukkan arah kemana kamu harus melangkah. 

 

Kamu juga perlu membedakan goal atau tujuan, menjadi tujuan pribadi, karier, ataupun bisnis. Dengan itu, kamu akan menghemat dan tidak membuang-buang waktu secara percuma. 

 

2. Be Creative!

 

Menjadi kreatif tidak harus berhubungan dengan seni, tapi menjadi kreatif bisa dituangkan melalui menulis atau bermain musik. Menjadi seseorang yang kreatif juga memiliki arti dimana kamu dapat menghasilkan ide-ide yang out of the box atau inovasi-inovasi baru. 

 

Dengan menjadi kreatif, hal ini dapat membantu kamu untuk memecahkan masalah dengan ide-ide dan inovasi tersebut. Pada saat yang bersamaan juga, menjadi kreatif dapat membantu kamu menyalurkan bakat dan mengasah keahlian kamu dalam melukis, menulis, ataupun bermusik. 

 

3. Healthy Lifestyle

 

Buat apa punya banyak ilmu, tapi tidak didukung oleh gaya hidup yang sehat? Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan positif, tentunya dapat banyak membantu kamu. Salah satu hal positif yang akan kamu dapatkan adalah daya ingat yang lebih lama. 

 

Ingat gak sama ungkapan “Mens Sana In Corpore Sano”? Dari Bahasa Latin yang berarti pikiran sehat dalam tubuh yang sehat

 

Ungkapan tersebut sudah mewakili maksud dari poin ketiga ini. Kamu dapat memulai gaya hidup sehat dari hal yang kecil, seperti mulai membiasakan diri untuk bangun pagi, memakan makanan sehat, dan berolahraga. 

 

4. Membangun Networking

 

Salah satu cara untuk berinvestasi pada diri sendiri adalah dengan memperbanyak relasi dan membangun networking. Relasi yang kamu bangun bisa dari dalam maupun luar dunia professional kamu. Mungkin membangun relasi dan network dengan teman kantor, teman kegiatan agama, atau bahkan teman dengan satu hobby. 

 

Dengan relasi dan network yang luas dan kuat, hal tersebut dapat membantu kamu untuk terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dilansir dari Indeed, semakin banyak kamu membangun koneksi, semakin banyak juga kesempatan yang akan kamu dapatkan. 

 

5. Upskilling

 

Kamu dapat melakukan investasi diri dengan meng-upgrade atau mendalami skill yang sudah kamu punya. Dengan menguasai beberapa skill penting, hal ini dapat membantu kamu sebagai pondasi kuat dalam membangun karier impian kamu. 

 

Dengan berkembangnya zaman, tentu skill utama yang perlu kamu pelajari dan dalami adalah skill terhadap teknologi. Namun, ada beberapa skill dasar yang perlu juga kamu kuasai, seperti komunikasi, negosiasi, manajemen waktu, persuasi, public speaking, atau bahkan teamwork. 

 

6. Mengikuti Kursus, Workshop, Atau Webinar

 

Tidak hanya sekedar mempelajari dan mendalami keterampilan atau skill, dengan mengikuti kursus, webinar, ataupun workshop dapat membantu kamu merasakan secara langsung apa seharusnya kamu lakukan.

 

Dengan kursus, webinar, dan workshop juga dapat menjadi kesempatan untuk membangun relasi dengan orang-orang yang memiliki pandangan, pendapat, dan minat yang beragam. 

 

Tentunya cara-cara di atas ini dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Namun, yang harus kamu lakukan adalah meningkatkan skill atau keterampilan kamu. Dengan berjalannya waktu, banyak perubahan yang dimana skill dan keterampilan juga harus terus beradaptasi. 

 

Kalau kamu masih belum yakin dengan minat, tujuan, atau dimana skill terbaik kamu, kamu tidak perlu khawatir. Karena kamu dapat mengenal diri kamu sendiri lebih dalam lagi melalui tes psikometri yang tersedia di Dreamtalent

 

Dengan itu, kamu dapat mengetahui secara spesifik mengenai kepribadian, talenta, dan minat kamu. Alhasil, kamu akan lebih mudah untuk menentukan tujuan pribadi dan karier kamu.